Advertisement

Beasiswa Pendidikan Menengah Terus Disosialisasikan

Media Digital
Kamis, 20 Juli 2023 - 23:17 WIB
Catur Dwi Janati
Beasiswa Pendidikan Menengah Terus Disosialisasikan Suasana Sosialisasi Beasiswa Pendidikan Menengah di Kalurahan Sukoharjo, Ngaglik, Sleman pada Kamis (20/7/2023). - ist - Disdikpora DIY

Advertisement

SLEMANDinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY kembali menggelar Sosialisasi Beasiswa Pendidikan Menengah pada Kamis (20/7/2023), kali ini berlokasi di Kalurahan Sukoharjo, Ngaglik, Sleman.

Menyasar peserta para ibu-ibu PKK, kegiatan ini diharapkan dapat membagikan informasi beasiswa pendidikan menengah kepada seluruh masyarakat.

Advertisement

Staf Disdikpora DIY, Haryoko menjelaskan ada tiga program beasiswa pendidikan menengah yang disiapkan Disdikpora DIY kepada masyarakat kurang mampu. Tiga program beasiswa tersebut meliputi beasiswa Kartu Cerdas, beasiswa Jaminan Kelangsungan Pendidikan (JKP) dan Beasiswa Retrieval.

Alokasi beasiswa pendidikan menengah 2023 kepada masyarakat kurang mampu di DIY mencapai 14.500 siswa dengan total anggaran sebesar Rp21,7 miliar.

Di program beasiswa Kartu Cerdas, para penerima beasiswa akan mendapat beasiswa sebesar Rp1,5 juta per tahun. Dana ini dapat digunakan untuk mendukung berbagai kebutuhan siswa selama sekolah, seperti membeli perlengkapan sekolah, seragam dan lain-lain. “Kartu cerdas nominalnya Rp1,5 juta, itu untuk siswa yang aktif sekolah,” jelasnya.

Selanjutnya pada program Jaminan Kelangsungan Pendidikan, beasiswa ini menyasar para lulusan SMA/SMK yang masih mempunyai tunggakan biaya administrasi di sekolahnya. Seperti tunggakan biaya SPP atau biaya pendidikan sekolah lainnya.

Adapun besaran bantuan pada program JKP beragam tergantung tagihan, namun paling besar yang dapat ditangani mencapai Rp4 juta. “Itu maksimal yang bisa kami berikan, untuk tanggungan siswa yang sudah lulus tapi masih mempunyai tunggakan di sekolah,” tegasnya.

BACA JUGA: Pernikahan Anjing Jojo dan Luna dengan Adat Jawa, DPRD DIY: Bukan Kreativitas, Kelewat Batas!

Terakhir, Beasiswa Retrieval yang diperuntukkan bagi anak yang drop out SMA/SMK maupun anak yang lulus SMP/MTs namun tidak bisa melanjutkan sekolah karena biaya. Pelajar pada program beasiswa ini akan mendapat bantuan sebesar Rp3 juta per anak per tahun. Pada tahun ini Disdikpora DIY mengalokasikan sasaran 400 anak dalam program beasiswa ini.

“Siswa SMA/SMK yang berhenti sekolah atau drop out sekolah karena sebab ekonomi sehingga tidak bisa melanjutkan sekolah, ini kita bantu bagaimana agar dia bisa melanjutkan sekolah lagi. Kita berikan beasiswa selama satu tahun untuk yang pertama nanti berkelanjutan,” ujarnya.

Lewat beasiswa ini, Haryoko berharap wajib belajar sembilan tahun di DIY bisa terpenuhi. Dengan adanya sosialiasi ini diharapkan masyarakat bisa tahu dan mampu mengakses beasiswa-beasiswa pendidikan menengah bagi warga tidak mampu.

Masyarakat yang ingin mengakses beasiswa pendidikan menengah ini dapat mengajukan permohonan beasiswa melalui sekolah. Sekolah bisa membantu mengusulkan para siswanya yang dinilai layak menerima beasiswa pendidikan menengah.

“Kemarin dengan sekolah, bagaimana sekolah itu ikut menjaring wilayah sekitarnya. Nanti sekolah itu bisa berkoordinasi dengan kalurahan atau padukuhan,” ujarnya.

Anggota DPRD DIY, Rita Nurmastuti yang juga hadir dalam sosialisasi tersebut mengatakan di DIY masih ada anak yang kurang mampu membutuhkan jaminan akses pendidikan.

Program-program beasiswa yang bisa membantu para pelajar kurang mampu harus tersampaikan sehingga bisa diakses oleh masyarakat nantinya.

“Ini pemerintah daerah hadir melalui Disdikpora untuk membantu masyarakat masyarakat yang kurang mampu agar hak pendidikan anak-anak itu bisa berlangsung dengan baik. Terjamin masa depannya,” ungkapnya. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Keamanan AS Sebut Terorisme Kembali Muncul dan Jadi Ancaman

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement