Advertisement

Sasaran Baru Tercapai 71%, BPS Gunungkidul Yakin Sensus Pertanian Selesai Tepat Waktu

David Kurniawan
Jum'at, 21 Juli 2023 - 21:57 WIB
Sunartono
Sasaran Baru Tercapai 71%, BPS Gunungkidul Yakin Sensus Pertanian Selesai Tepat Waktu Pelaksanaan sensus pertanian di Gunungkidul . - Harian Jogja/David Kurniawan.

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sensus pertanian akan berakhir pada 31 Juli 2023. BPS Gunungkidul optimistis pelaksanaan sensus akan selesai tepat waktu, meski capaian baru 71%.

Kepala BPS Gunungkidul, Rintang Awan Eltribakti mengatakan, pelaksanaan sensus pertanian masih dalam proses pendataan di lapangan. Total personel yang diterjunkan sebanyak 953 orang.

Advertisement

Adapun rinciannya 801 petugas sensus di lapangan, 117 petugas pemeriksa lapangan dan 35 koordinator sensus di tingkat kapanewon. “Hingga sekarang capaiannya baru 71%.  Tapi, kami yakin bisa selesai secara menyeluruh,” katanya kepada wartawan, Jumat (21/7/2023).

Dia menjelaskan, untuk pelaksanaan sensus tidak menyasar ke sektor pertanian. Namun, juga mendata berkaitan dengan kelompok pertanian secara global meliputi perikanan hingga peternakan.

Meski demikian, Eltri mengakui pelaksanaan tetap didominasi oleh usaha tani perseorangan sebanyak 184.000 orang. Sedangkan sisanya adalah 13 usaha tani skala besar dan sekitar 12 sasaran yang dikelompokkan dalam Usaha Tani Lainnya (UTL).

“Termasuk hari ini kami mendampingi tim BPS DIY untuk survei peternakan domba di Kalurahan Karangtengah, Wonosari,” katanya.

Sesuai dengan rencana, setelah selesai pelaksanaan sensus data yang dikumpulkan akan diolah dan akan diumumkan di akhir tahun. Menurut Eltri, data yang akan dirilis termasuk populasi hewan ternak secara keseluruhan. Termasuk luas lahan pertanian yang ada di Gunungkidul.

“Ya kalau dilihat dari populasi selama ini Gunungkidul masuk sebagai gudang ternak karena memasok ke daerah sekitar Jateng-DIY. Hasil dari sensus nantinya akan bermanfaat bagi Pemkab Gunungkidul dalam membuat kebijakan, khususnya di bidang pertanian,” katanya.

Hal senada diungkapkan oleh Kepala BPS DIY, Herum Fajarwati. Ia berharap pelaksanaannya rampung sesuai jadwal yang ditetapkan. “Untuk DIY capaian sensus sudah lebih dari 80%,” katanya.

Menurut dia, sensus belum menyasar ke seluruh responden dikarenakan pelaksanaan harus menyesuaikan dengan keberadaan dari sasaran sensus. “Misal di Dusun A sudah disensus, tapi ada sasaran yang tidak di rumah. Mau tidak mau harus ditinggal dulu menyelesaikan ke sasaran lain yang ada di rumah. Jadi, petugas harus mendatangi ulang agar warga bersangkutan bisa disensus,” ungkapnya.

Menurut dia, pelaksanaan sensus dilaksanakan di seluruh Indonesia. Hasil sensus baik dari Gunungkidul maupun DIY nantinya akan dilaporkan pula ke BPS pusat.

“Data akan diolah dan hasilnya akan diketahui bagaimana kondisi pertanian di setiap daerah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kasus Covid-19 di Singapura Meningkat 2 Kali Lipat dalam Sepekan

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement