Advertisement

Kemenag Gelar Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang Penghulu Ahli Utama

Ujang Hasanudin
Sabtu, 22 Juli 2023 - 16:57 WIB
Sunartono
Kemenag Gelar Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang Penghulu Ahli Utama Kemenag Gelar Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang Penghulu Ahli Utama. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) menggelar Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang Penghulu Ahli Utama. Menurut Direktur Bina Kantor Urusan Agama dan Keluarga Sakinah Kementerian Agama, Zainal Mustamin kegiatan ini menjadi perdana bagi Kemenag.

“Kegiatan ini sangat penting dan merupakan program prestius. Sebab menjadi perdana untuk uji kompetensi penghulu ahli utama,” katanya di Jogja melalui rilis yang diterima Harianjogja, Jumat (21/7/2023).

Advertisement

BACA JUGA : Penghulu Boleh Menolak Prosesi Akad Nikah Jika Tak Sesuai

Zainal mengatakan penyusunan program tersebut dilakukan secara paralel. Saat ini pihaknya sedang mengusulkan 170 formasi jabatan penghulu ahli utama ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dan pada saat bersamaan disiapkan calon pengisinya dari para peserta kegiatan tersebut.

Melalui kegiatan ini pula diharapkan dapat merumuskan formula terbaik untuk penjenjangan karier penghulu. “Ini menjadi rujukan, ke depan semoga semakin masif,” ungkap Zainal seraya menambahkan penghulu ahli utama akan memasuki masa pensiun pada usia 65 tahun.

BACA JUGA : Penghulu Boleh Tolak Prosesi Akad Nikah 

Para peserta calon penghulu ahli utama pada kegiatan ini mendapat bimbingan materi sekaligus uji kompetensi penulisan karya tulis ilmiah dari Prof. Darwis Ude dan Assoc. Prof. Dr. Made Saihu; sosio kultural oleh Muhtar Hidayat Permana dan Syaiful Ma’arif; qiraat qur’an oleh Dr. H. Mu’tashim Billah dan Masrur Ikhwan, MA; serta materi regulasi kepenghuluan oleh Kasubdit Kepenghuluan Dr. Anwar dan Analis Kebijakan pada Subdit Bina Kepenghuluan Makhzaini. Kegiatan diikuti 41 peserta dari 8 provinsi se-Indonesia termasuk dari DIY dan berlangsung hingga Sabtu 22 Juli 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menko Airlangga Isi Kuliah Tamu di LSE: Indonesia On-Track Capai Visi Indonesia Emas 2045

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement