Advertisement

Jelajahi Desa Wisata di Sleman, Peserta Tour de Merapi Tahun Ini Membeludak

Catur Dwi Janati
Minggu, 23 Juli 2023 - 20:17 WIB
Arief Junianto
Jelajahi Desa Wisata di Sleman, Peserta Tour de Merapi Tahun Ini Membeludak Para peserta Tour de Merapi saat melintasi rute, Minggu (23/7/202). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Gelaran tur sepeda motor Tour de Merapi kembali semarak tahun ini. Melintasi rute berbagai desa wisata di Sleman, kegiatan ini sekaligus bisa menjadi ajang promosi wisata kepada para riders yang berasal dari berbagai wilayah.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman, Ishadi Zayid menerangkan Tour de Merapi tahun ini merupakan edisi ke-19 dari event tahunan tersebut. Kali ini, setidaknya ada 350 kendaraan dari berbagai jenis sepeda motor yang berpartisipasi dalam rangkaian tur. Para peserta berasal dari sejumlah wilayah di DIY maupun Jawa Tengah seperti Magelang dan Kebumen.

Advertisement

Tingginya antusias masyarakat pada gelaran ini, membuat kuota peserta yang tersedia membeludak. "Edisi ke-19 kali ini diikuti total 350 sepeda motor. Jadi kalau berboncengan ya sekitar ada 700 peserta. Padahal target awal kami semula hanya 300 sepeda motor, nyatanya animo masyarakat sangat tinggi, diikuti 350 sepeda motor," kata dia, Minggu (23/7/2023).

BACA JUGA: Digelar Lagi, Tour de Merapi Diikuti 300 Pemotor

Sebagai ajang promosi wisata, para peserta yang menaiki sepeda motor akan diajak berkeliling wilayah Sleman, khususnya di kawasan desa-desa wisata. Total para peserta menempuh jarak 100 kilometer pada Tour de Merapi tahun ini.

"Start di lapangan Pemkab Sleman kemudian lewat di Embung Mororejo, kemudian di pos satunya itu di Desa Wisata Pulesari, terus kemudian lanjut di pos dua di Gardu Pandang Kaliurang. Kemudian lanjut di Teras Merapi di Bukit Klangon dan kemudian pos keempatnya itu di Monumen Plataran dan pos lima di Candi Barong dan finish di Tebing Breksi," ucap dia.

Zayid berharap melalui gelaran Tour de Merapi kali ini, berbagai potensi wisata maupun keanekaragaman budaya dan alam yang ada di Sleman dapat dikenal lebih luas oleh masyarakat. "Harapannya, Tour de Merapi kali ini, desa-desa wisata atau keanekaragaman budaya, alam bisa dieksplorasi oleh peserta," ujarnya.

"Ke depan, mereka diharapkan bisa menjadi mitra kami untuk mempromosikan pariwisata di Sleman," ujar dia.

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa yang mengibarkan bendera start Tour de Merapi menilai gelaran tahunan ini sebagai wadah bagi para pencinta tur sepeda motor sekaligus menjadi ajang promosi wisata yang berada di Kabupaten Sleman. "Event ini menjadi sarana bagi masyarakat yang senang touring motor sambil menikmati  pemandangan desa wisata di Sleman sepanjang perjalanan," ujar dia.

Danang berharap diselenggarakannya kegiatan ini setelah pandemi, dapat memberikan hiburan bagi masyarakat. Utamanya dapat membantu mempromosikan destinasi wisata yang ada di Sleman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kelola Judi Online Cuaca77.com, 11 Orang Ditetapkan Tersangka

News
| Selasa, 30 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement