Advertisement

Pasar Kangen Jogja 2023 Wadah Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

Media Digital
Kamis, 27 Juli 2023 - 17:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pasar Kangen Jogja 2023 Wadah Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Pembukaan Pasar Kangen 2023 di TBY, Kamis (27/7/2023). - Harian Jogja/Stefanie Yulindriani Ria

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebagai wadah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, Pasar Kangen 2023 kembali digelar di Taman Budaya Yogyakarta (TBY). Pasar Kangen Jogja digelar mulai hari ini 27 Juli hingga 5 Agustus 2023 mendatang. 

Kepala TBY, Purwiati menyampaikan sebagai event tahunan penyelenggaraan Pasar Kangen telah membawa dampak peningkatan ekonomi masyarakat. Dampak perekonomian tersebut menurut Purwiati dirasakan oleh para tenant yang turut berpartisipasi dalam event tersebut, serta warga di sekitar TBY. 

Advertisement

Dengan bertajuk Gandeng Gendong, penyelenggaraan Pasar Kangen Jogja kali ini menurutnya turut merepresentasikan peran pemerintah, swasta dan masyarakat dalam peningkatan perekonomian tersebut. 

“Harapan kami ini karena ini memberikan dampak yang luar biasa kepada masyarakat utamanya terkait peningkatan ekonomi masyarakat. Harapan kami dengan tema Gandeng Gendong memberdayakan masyarakat bisa bersama-sama bergotong royong untuk pemberdayaan,” katanya di TBY, Kamis (27/7/2023). 

Baca juga: Mahasiswa Merapat! Kampus Ini Punya Segudang Beasiswa Fully Funded 4 Tahun loh

Dalam penyelenggaraan Pasar Kangen Jogja kali ini telah dilakukan seleksi dan kurasi terhadap para tenant yang akan berpartisipasi dalam Pasar Kangen 2023. Dari pendaftar sekitar 1.800 tenant, terpilih 85 tenant kuliner dan 85 tenant kerajinan tradisional. 

“Harapan kami dengan proses seleksi yang sangat luar biasa ini, kita telah menyeleksi dengan maksimal,” katanya. 

Dia pun berharap dengan produk makanan dan kerajinan tradisional yang dipasarkan tersebut dapat turut melestarikan dan meningkatkan ketahanan pangan lokal. 

“[Pasar Kangen] Dalam rangka ketahanan pangan juga, kemunculan makanan kekinian sudah sangat berbeda dengan zaman dahulu, sehingga dapat mengobati cita rasa masyarakat mengenai pangan lokal, sekaligus menjadi tempat edukasi bagi masyarakat,” katanya. 

Koordinator Pasar Kangen Jogja, Ong Hari Wahyu menyampaikan antusiasme masyarakat sangat tinggi untuk mengunjungi Pasar Kangen. Tahun lalu menurut Ong setiap harinya event tersebut dapat mendatangkan sekitar 5.000 pengunjung.

Tingginya jumlah pengunjung Pasar Kangen Jogja tersebut pun membuat omzet tenant yang berjualan disana cukup tinggi. “Pasar kangen untuk ruang kreatif penciptaan. Masyarakat yang mau mengkonsumsi juga peduli pada kebudayaan kita,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ratusan Rumah Terendam Akibat Luapan Sungai Cibeureum

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement