Advertisement

Digiers Day Jadi Gateway Talenta Digital dan Perusahan

Media Digital
Kamis, 27 Juli 2023 - 20:17 WIB
Arief Junianto
Digiers Day Jadi Gateway Talenta Digital dan Perusahan Suasana pembukaan Digiers Day di STMM MMTC, Kamis (27/7/2023). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kemenkominfo menggelar Digiers Day di DIY, tepatnya di Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) MMTC. Ratusan peserta dengan talenta digital dipertemukan dengan para mitra perusahaan di bidang teknologi informasi dan digital yang ada di Indonesia.  

Kepala Puslitbang Aptika dan IKP Kemkominfo, Said Mirza Pahlevi menerangkan Digiers Day merupakan kegiatan yang diinisiasi dari Badan Litbang SDM Kemenkominfo untuk mempertemukan alumni pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS) dengan mitra perusahaan pencari talenta potensial.

Advertisement

Mirza menilai kegiatan ini menjadi sebuah momentum berharga yang dapat membuka kesempatan emas bagi para talenta digital untuk menjajaki karir yang diimpikan. "Mudah-mudahan dari hasil kegiatan ini akan lebih banyak lulusan dari DTS yang bisa direkrut ke perusahaan-perusahaan mitra yang saat ini hadir," kata dia di auditorium STMM MMTC, Kamis (27/7/2023). 

Setidaknya ada 400 pendaftar yang berpartisipasi dalam lowongan kerja bidang digital ini. Beberapa di antaranya merupakan alumni program DTS dari Kemkominfo. Mereka yang hadir bisa berdiskusi bahkan memasukan lamaran pekerjaan ke 16 perusahaan yang bekerja di sektor digital hingga perbankan yang membuka stan di Digiers Day

Program DTS sendiri dijelaskan Mirza telah berjalan selama lima tahun terakhir dan telah terbukti bisa meningkatkan kompetensi, keterampilan, produktivitas, daya saing para pesertanya. Total hingga sampai saat ini DTS telah diikuti 364.466 peserta. Sebanyak 26.056 perserta bahkan masih menjalani pelatihan sampai saat ini. 

BACA JUGA: Jogja Smart Province 2.0 Diluncurkan, Pemerintahan di DIY Kian Berbasis Teknologi

DTS di lakukan di berbagai wilayah dan lulusannya tersebar di seluruh daerah di Indonesia. "Pelatihan di DTS mengacu ke arah pekerjaan-pekerjaan baru yang mungkin muncul karena ada teknologi yang muncul karena transformasi digital," ujarnya. 

Menurut Mirza bila Indonesia tidak bisa mengisi talenta digital yang dibutuhkan perusahaan, maka kekosongan tersebut dapat disisi oleh talenta yang berasal dari luar negeri. Sebagai upaya tindak lanjut pasca pelaksanaan pelatihan DTS, pada tahun 2022 Kemkominfo telah meluncurkan solusi inovatif dalam bentuk platform bernama Diploy yang memberikan peluang untuk pertumbuhan karier bagi para talenta digital.

Hal ini juga menjadi upaya dari Kemkominfo memberi pendampingan simultan, mulai dari melatih talenta pada DTS, membuka Diploy sebagai sarana pengembangan diri dan lapangan kerja dan masih ditambah dengan Digiers Day yang mempertemukan langsung para lulusan DTS dengan perusahaan. 

"Tujuannya kita tidak sekedar memberikan pelatihan lalu selesai angka ratusan ribu, tapi setelah pelatihan langkah selanjutnya yang paling penting bagaimana para peserta pelatihan tersebut bisa lebih berdaya, lebih siap untuk mereka salah satunya mencari kerja atau kita juga melatih para UMKM agar para UMKM tersebut lebih berdaya secara perekonomian," tandasnya. 

Ketua Sekolah Tinggi Multi Media (MMTC), Noor Iza menilai kegiatan Digiers Day menjadi pintu masuk atau gateway mahasiswa MMTC dengan mitra perusahaan digital. Adanya kegiatan ini dapat membuat mahasiswa memahami skill atau keterampilan yang dibutuhkan para perusahan digital.  "Semoga kegiatan ini bisa terus berjalan nanti kami siap berkolaborasi. Kami siap bertransformasi untuk meningkatkan skill di bidang digital." 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aparat Indonesia Tangkap 2 Kapal Vietnam saat Curi Ikan di Perairan Natuna

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement