Advertisement

Resmi Dibuka, Bantul Creative Expo Siap Menghibur Masyarakat Bantul

Hadid Husaini
Jum'at, 28 Juli 2023 - 09:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Resmi Dibuka, Bantul Creative Expo Siap Menghibur Masyarakat Bantul Pembukaan Bantul Creative Expo (BCE) 2023 pada Kamis (27/7/2023). Harianjogja - Hadid Husaini

Advertisement

Harianjogja.com, Bantul–Pembukaan Bantul Creative Expo (BCE) 2023 berjalan meriah. Even ini memamerkan berbagai potensi dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bantul dan kelompok UMKM dari masing-masing apanewon.

Dari pengamatan Harianjogja.com tampak masyarakat antusias menyaksikan berbagai ikon yang disajikan di berbagai stan. Di lokasi depan BCE, masyarakat yang datant disambut oleh replikasi Dinosaurus Tyrex. Replikasi hewan purba itu dibuat bergerak-gerak. Sebagian pengunjung pun melakukan swafoto.

Advertisement

BACA JUGA: Pasar Kangen 2023 Bertajuk Gandeng Gendong Kembali Digelar

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih menyampaikan bahwa sektor industri kreatif di Bantul mendominasi peningkatan Pendapatan Domestik Bruto (PDRB) di Kabupaten Bantul. Sektor ekonomi kreatif bahkan mampu menggeser dominasi PDRB sektor pertanian.

"Sektor industri menyalip pertanian sejak tiga tahun yang lalu,” ujar Halim saat memberikan sambutan pada pembukaan BCE 2023, Kamis (27/7/2023).

Dia menyebutkan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) nilai ekspor Bantul untuk industri kreatif mencapai Rp9 Triliun. Hal tersebut kata Halim mempertegas bahwa Bantul kaya dari sisi kreatifitas dan bukan tergantung pada sumber daya alam.

Dia berharap, BCE 2023 dapat menjadi semangat baru untuk terus meningkatkan nilai kreatifitas masyarakat. Dia ingin sektor kreatif terus tumbuh dan hidup. “Orang kreatif  harus kita dukung dan kita lindungi," jelasnya.

Halim berharap, institusi pendidikan seperti Institut Seni Indonesia (ISI) Jogja dan sekolah kejuruan seperti SMK di Bantul dapat mendongkrak semangat masyarakat untuk terus berkarya.

Apalagi, Bantul sendiri sudah ditetapkan menjadi kota kreatif dan sebagai pusat sektor untuk kriya secara nasional oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan  (DKUMKMPP), Agus Sulistyana menyampaikan peserta BCE 2023 diikuti oleh 192 UMKM. Selain itu 192 stan yang menyajikan kerajinan, makanan minuman fashion dan barang rumah tangga, selama BCE digelar juga berbagai hiburan untuk warga Bantul.

Even BCE diharapkan dapat menjadi sarana promosi, meningkatkan daya saing UMKM serta daya tarik investor untuk mengembangkan pasar Seni Gabusan. "BCE 2023 diharapkan dapat membawa nama baik Bantul untuk masuk dalam Jejaring Kota Kreatif Dunia. Even ini juga menjadi upaya Pemkab untuk meningkatkan PDRB tahun 2023," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Loh Penampakan Rumah Mewah Syahrul Yasin Limpo yang Disita KPK

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement