Advertisement

Bangun Area Parkir di Kawasan Wisata Nglanggeran, Pemkab Butuh Rp5,6 Miliar

David Kurniawan
Selasa, 01 Agustus 2023 - 16:57 WIB
Arief Junianto
Bangun Area Parkir di Kawasan Wisata Nglanggeran, Pemkab Butuh Rp5,6 Miliar Bupati Gunungkidul, Sunaryanta (kedua dari kanan) saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan area parkir Nglanggeran. Selasa (1/8/2023). - Istimewa   

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kawasan wisata Gunung Api Purba Nglanggeran sebentar lagi memiliki area parkir yang representatif. Hal ini ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan yang dilakukan oleh Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, Selasa (1/8/2023).

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan pembangunan area parkir di kawasan wisata Gunung Api Purban Nglanggeran dibiayai oleh Dana Keistimewan (Danais). Fasilitas ini dibangun karena selama ini pengunjung kesulitan untuk memarkir kendaraan, khususnya bus pariwisata saat berkunjung. “Makanya dibangun tempat parkir. Lokasinya tepat di samping jalur alternatif Gunungkdiull-Sleman,” kata Hary, Selasa.

Advertisement

Dia menjelaskan, lokasi parkir dibangun di lahan seluas 7.000 meter persegi. Pembangunan di tahun ini merupakan yang tahap pertama. Sementara total anggaran yang dibutuhkan sebesar Rp5,6 miliar.

Rencananya fasilitas parkir ini mampu menampung 22 bus pariwisata, 18 mobil dan tujuh kendaraan shuttle. “Skenarionya bus wisata yang datang akan diparkir di sini [area parkir yang dibangun] kemudian naik shuttle menuju kawasan wisata seperti Gunung Api Purba hingga Embung Nglanggeran,” katanya.

BACA JUGA: Wisatawan Gunung Api Nglanggeran Membeludak, Homestay Tetap Sepi, Kok Bisa?

Menurut Hary, lokasi parkir berada di lokasi yang strategis dan memiliki pemadangan yang bagus. Di sisi utara berlatarkan pemandangan Gunung Api Purba, sedangkan di sisi selatan dengan view Kota Wonosari. “Ini baru tahap pertama karena tahun depan akan dilanjutkan dan sudah dialokasikan anggaran sekitar Rp4 miliar,” katanya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata DIY, Kurniawan mengatakan, pembangunan area parkir Nglanggeran sudah digagas sejak 2017 lalu dan baru terealisasi 2023. Fasilitas ini untuk mendukung kemudahan akses bagi wisatawan.

Selain itu, juga sebagai upaya menjaga kawasan geoheritage di akwasan Gunung Api Purba Nglanggeran. “Parkir ini juga menjadi bagian dari konsep besar pengembangan ruas exit tol Prambanan,” ungkapnya.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengapreasiasi pembangunan parkir di Nglanggeran. Ia berharap fasilitas ini bisa memberikan manfaat, khususnya bagi pengerak roda perekonomian masyarakat sekitar. “Harapannya roda ekonomi bisa tumbuh dan warga sekitar jangan hanya jadi penonton. Sebab, harus ikut merasakan dampak dari pertumbuhan ini sehingga kesejahteraan juga bisa ditingkatkan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Arab Saudi Tangkap Warganya yang Bicarakan Perang Hamas-Israel di Media Sosial

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement