Advertisement

Bocah Tenggelam di Muara Sungai Progo Ditemukan Meninggal Dunia

Andreas Yuda Pramono
Selasa, 01 Agustus 2023 - 10:40 WIB
Sunartono
Bocah Tenggelam di Muara Sungai Progo Ditemukan Meninggal Dunia Tim SAR Gabungan sedang melakukan pencarian korban tenggelam di muara Sungai Progo, Banaran, Galur, Kulonprogo pada Selasa (1/8/2023). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pencarian korban tenggelam di Muara Sungai Progo hari kedua kembali dilakukan. Kali ini Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi korban dalam kondisi meninggal dunia.

Sebelumnya, seorang anak berumur 11 tahun tenggelam di muara Sungai Progo, Banaran, Galur ketika mencari keong di tepi sungai bersama empat temannya. Anak tersebut bermain terlalu ke tengah yang menyebabkannya tenggelam.

Advertisement

Kepala Kantor Basarnas DIY Kamal Riswandi, mengatakan pencarian korban tenggelam berinisial GMC, warga Tirtorahayu, Galur, 11 tahun, hari kedua memakan waktu sekitar 2,5 jam. Dalam pencarian tersebut, korban akhirnya ditemukan 500 meter dari lokasi tenggelam ke arah utara.

BACA JUGA : Mencari Keong, Seorang Anak Tenggelam di Sungai Progo

“Operasi hari kedua ini Tim SAR Gabungan dibagi menjadi tiga SRU [Search and Rescue Unit]. SRU satu melakukan penyisiran darat dari lokasi tenggelam ke arah Utara sejauh 200 meter dan ke arah selatan sejauh 300 meter,” kata Kamal dihubungi, Selasa (1/8/2023).

Kemudian, SRU dua melakukan pencarian menggunakan perahu karet dan menggunakan Aqua Eye, mulai dari lokasi tenggelam. Lalu, SRU tiga melakukan penyelaman kembali di sekitar lokasi tenggelam.

Mengenai karakter sungai, Kamal menambahkan air di permukaan cukup tenang dan kondisi air sedang pasang dari laut. Selain itu untuk arus dalam sungai cukup kencang ke arah ke utara.

“Korban berhasil ditemukan Tim SAR gabungan SRU satu pukul 08.30 WIB. Jarak penemuan 500 meter dari lokasi tenggelam ke arah utara. Saat ini korban telah dievakuasi dan dibawa langsung ke rumah duka,” katanya.

BACA JUGA : Korban Tenggelam di Sungai Progo Ditemukan Meninggal Dunia

Sebelumnya saksi bernama Aji tersebut mengaku sedang memancing ketika satu anak tenggelam di Sungai Progo tepatnya di muara kali. Dia melihat satu anak berinsial GMC, warga Tirtorahayu, Galur, berumur 11 tahun tenggelam.

“GMC terlalu ke tengah [ketika mencari keong] dan salah satu pemancing melihat korban sudah tenggelam,” katanya.

Joko mengaku setelah pihaknya mendapat laporan tersebut maka pencarian langsung menuju lokasi. Setelah melakukan koordinasi mengenai titik tenggelamnya korban, pencarian dilakukan. Sampai dengan pukul 18.15, Joko dan anggota SRI wilayah V masih mencari GMC. “Kami masih mencari [anak tenggelam di Sungai Progo]. Ini masih belum ditemukan,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Jogjapolitan | 13 hours ago

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BMKG Pastikan Udara Panas di Indonesia Akhir-akhir Ini Bukan Heatwave, Ini Penjelasannya

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement