Advertisement

Diklaim Memudahkan Pasangan Beragama di Luar Islam, Program Kacar Kucur Kulonprogo Laris

Andreas Yuda Pramono
Senin, 07 Agustus 2023 - 22:17 WIB
Arief Junianto
Diklaim Memudahkan Pasangan Beragama di Luar Islam, Program Kacar Kucur Kulonprogo Laris Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kulonprogo mencatat sebanyak 262 pasangan pengantin telah menerima manfaat dari program pelayanan Perkawinan Lancar Dokumen Meluncur (Kacar Kucur) sejak diluncurkan pada tahun 2019.

Kepala Disdukcapil Kulonprogo, Aspiyah mengatakan bahwa program pelayanan tersebut merupakan inovasi pencatatan perkawinan bagi penduduk yang tidak beragama Islam. Dalam inovasi tersebut, pemohon akan mendapatkan dokumen berupa kutipan akta perkawinan, kartu keluarga baru, dan KTP elektronik.

Advertisement

“Sejak diterapkan 2019 lalu, Kacar Kucur bertujuan mempermudah penduduk dalam updating peristiwa penting dengan pelayanan terintegrasi. Sampai saat ini sudah ada 262 pasangan pengantin yang menerima manfaat,” kata Aspiyah, Senin (7/8/2023).

Rinciannya, pada 2019 ada 61 pasangan; pada 2020 ada 54 pasangan; pada 2021 ada 66 pasangan; pada 2022 ada 60 pasangan; dan selama enam bulan pertama tahun ini ada 21 pasangan yang mendapat dokumen melalui Program Kacar Kucur.

BACA JUGA: Gegara Hamil Duluan, Pernikahan Anak di Bantul Meningkat

Aspiyah menambahkan dengan adanya Kacar Kucur diharapkan data dan dokumen kependudukan menjadi update atau valid dengan diterbitkannya akta perkawinan, KTP elektronik, dan kartu keluarga. “Untuk kartu keluarga akan diberikan kepada pengantin dan orang tua pengantin. Langsung jadi dan langsung diberikan di lokasi pemberkatan perkawinan,” katanya.

Dia menegaskan Kacar Kucur bermanfaat karena tidak ada lagi keterlambatan pengurusan dokumen kependudukan sehingga kualitas data kependudukan menjadi lebih valid atau akurat.

"inovasi tersebut merupakan bentuk kerja sama antara Disdukcapil Kulonprogo dengan Pemuka Agama non muslim yang diwakili oleh Pembantu Pegawai Pencatat Perkawinan." 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Airlangga Bertemu Sekjen Cormann, Tegaskan Komitmen Percepat Proses Keanggotaan Indonesia.

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement