Advertisement

Progres Perbaikan 2 Pasar di Kulonprogo Mencapai 50 Persen

Andreas Yuda Pramono
Rabu, 09 Agustus 2023 - 19:27 WIB
Maya Herawati
Progres Perbaikan 2 Pasar di Kulonprogo Mencapai 50 Persen Pembeli berada di pasar tradisional - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kulonprogo menyatakan progres perbaikan dua pasar yaitu Pasar Jagalan dan Pasar Kelapa mencapai 50%.

Kabid Sarana Perdagangan Disdagin Kulonprogo, Agus Suryanto mengatakan ada empat pasar yang diperbaiki di 2023 yaitu Pasar Dekso, Pasar Jagalan, Pasar Kelapa, dan Pasar Percontohan Sentolo.

Advertisement

“Perbaikan dua pasar yaitu Jagalan dan Kelapa masih berlangsung. Sekitar September 2023 selesai,” kata Agus saat dihubungi, Rabu (9/8/2023).

Untuk Pasar Dekso dan Percontohan Sentolo, Agus mengatakan masih dalam proses tender. Pekan keempat Agustus 2023, proses tender Pasar Percontohan Sentolo baru selesai. Sementara, proses tender Pasar Dekso baru selesai September 2023.

BACA JUGA: Bocah Hilang di Hutan Dlingo Ditemukan dalam Kondisi Lemas

Menurutnya, perbaikan tersebut secara umum menyasar pada atap los dan kios serta halaman. Tahun depan, Disdagin masih akan memperbaiki sekitar empat pasar. “Anggaran dari APBD Kulonprogo sangat terbatas. Jadi kami tidak bisa melakukan perbaikan secara optimal,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Disdagin Kulonprogo, Sudarna, mengatakan perbaikan empat pasar di Kulonprogo pada 2023 menyedot APBD hingga Rp1,6 miliar. Pasar Dekso dan Sentolo dilelangkan karena anggaran perbaikan lebih dari Rp200 juta.

“Kalau  untuk anggaran perbaikan Pasar Jagalan itu Rp195 juta dan Kelapa mencapai Rp180 juta,” kata Sudarna beberapa waktu lalu.

Sementara pada tahun 2022, Disdagin telah memperbaiki empat pasar antara lain Pasar Bendungan, Nganggrung, Percontohan Sentolo dan Wates. Kata Sudarna, Pasar Percontohan Sentolo mendapat alokasi perbaikan selama dua tahun.

“Tahun lalu, Pasar Percontohan Sentolo baru kami perbaiki atapnya. Kalau tahun ini kami perbaiki halamannya [landskap],” katanya.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dugaan Korupsi Taspen, KPK Panggil Pimpinan Perusahaan KB Valbury Sekuritas

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement