Advertisement

Disdukcapil Jogja Jaga Standar Pelayanan dan Kebijakan Adminduk

Media Digital
Kamis, 10 Agustus 2023 - 18:07 WIB
Maya Herawati
Disdukcapil Jogja Jaga Standar Pelayanan dan Kebijakan Adminduk Forum Konsultasi Publik Standar Pelayanan dan Kebijakan Administrasi Kependudukan (Adminduk) Tahun 2023 di Hotel New Saphir Yogyakarta, Kamis (10/8/2023). ist - Disdukcapil Kota Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Dalam upaya mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Jogja menyelenggarakan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) sesuai standar pelayanan dan kebijakan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Jogja, Septi Sri Rejeki menyampaikan standar pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) yang diselenggarakan Disdukcapil Kota Jogja sesuai dengan UU No.25/2009 tentang Pelayanan Publik.

Advertisement

Dalam regulasi tersebut diatur bahwa penyelenggara pelayanan publik wajib menyusun dan menetapkan standar pelayanan. 

Dia menyampaikan standar pelayanan dan kebijakan adminduk tersebut diselenggarakan untuk memberikan pelayanan publik yang berkualitas bagi masyarakat. Karena itu menurutnya, pemahaman dan persepsi yang sama bagi penyelenggara, masyarakat dan pihak terkait dalam penyusunan standar pelayanan adminduk diperlukan. 

BACA JUGA: Uji Coba Kereta Cepat, Presiden: Tiket Disubsidi Pemerintah

“Karena itu diperlukan adanya standar pelayanan di tiap unit pelayanan sebagai jaminan dan kepastian penyelenggaraan pelayanan,” katanya dalam Forum Konsultasi Publik Standar Pelayanan dan Kebijakan Administrasi Kependudukan (Adminduk) Tahun 2023 di Hotel New Saphir Yogyakarta, Kamis (10/8/2023). 

Untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas, menurut Septi sesuai Peraturan Wali Kota (Perwal) Jogja No.16/2014 tentang Retribusi Jasa Umum Penerbitan Dokumen Adminduk Tidak Dipungut Biaya atau gratis. Kemudian, menurut Septi pelayanan Disdukcapil Kota Jogja untuk pelayanan dokumen pendaftaran penduduk dilakukan selama satu hari, dan untuk pelayanan dokumen pencatatan sipil diselenggarakan dalam waktu tiga hari. 

Dalam memberikan pelayanan publik yang berkualitas, menurut Septi disediakan fasilitas layanan daring melalui aplikasi Jogja Smart Service, Whatsapp, dan tatap muka secara terbatas di Mall Pelayanan Publik, Disdukcapil Kota Jogja dan Kemantren. Di Disdukcapil Kota Jogja juga disediakan fasilitas khusus bagi difabel dan lansia, seperti loket khusus, kursi roda, ram untuk jalur kursi roda, dan jalur pegangan. Ada pula ruang laktasi dan ruang bermain anak. (BC)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

13 Bandara Layani Angkutan Haji 2024, Begini Kesiapannya

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 04:47 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement