Advertisement

Asyik! Jalan Menuju Bendung Kayangan Bakal Dilebarkan

Andreas Yuda Pramono
Kamis, 10 Agustus 2023 - 23:27 WIB
Arief Junianto
Asyik! Jalan Menuju Bendung Kayangan Bakal Dilebarkan Ilustrasi tradisi kenduri di Bendung Kayangan dalam Festival Budaya Kembul Sewu Dulur di Desa Pendoworejo, Kecamatan Girimulyo. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kulonprogo segera melebarkan jalan menuju Bendung Kayangan. Dengan akses yang semakin lebar maka potensi pariwisata yang ada dapat dimaksimalkan.

Sub Koordinator Kelompok Substansi Perumahan DPUPKP Kulonprogo, Muhammad Nur mengatakan bahwa pelebaran jalan tersebut akan dilakukan dengan pendanaan dari Dana Keistimewaan (Danais) sebesar Rp1,7 miliar.

Advertisement

"Melalui Danais, kami laksanakan program penyelenggaraan Keistimewaan DIY untuk urusan tata ruang. Tujuan dari program itu adalah memenuhi kebutuhan sarana prasarana utilitas lingkungan di Kulonprogo," kata Nur dihubungi, Kamis (10/8/2023).

BACA JUGA: Dana Keistimewaan untuk Penanganan Sampah di Kalurahan

Sarana prasarana tersebut khususnya menyasar jalan lingkungan yang memiliki potensi objek dan aktivitas pariwisata dan budaya. Upaya tersebut, kata dia, utamanya untuk memfasilitasi potensi aktivitas kegiatan pariwisata dan budaya. "Bendung Kayangan punya embrio potensi wisata dan budaya yang diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan  masyarakat sekitar," katanya.

Embrio potensi yang dimaksud adalah keindahan alam, lalu kegiatan budaya Kembul Sewu Dulu, dan tradisi Guyang Jaran. Bahkan juga wisata kuliner Dapoer Kayangan.

Lebih jauh, Nur mengatakan selain pelebaran jalan, ada juga pembangunan jalan dari jalan setapak di Bendung Kayangan sehingga mobil dapat melalui jalan tersebut sampai ke ruas jalan kabupaten terdekat. Jalan yang akan dilebarkan tersebut akan memiliki lebar empat meter.

"Pembangunan jalan dari Bendung Kayangan menuju jalan kabupaten akan memiliki lebar tigameter. Nanti juga ada pembangunan talud dan dinding penahan tanah yang ditunjang jaringan drainase di beberapa titik," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepada Presiden Terpilih Prabowo, Luhut Berpesan Jangan Bawa Orang Toxic ke Kabinet

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement