Advertisement

Sejarah Benteng Kraton Jogja: Dilengkapi Selokan Pertahanan hingga Gudang Peluru

Sunartono
Jum'at, 11 Agustus 2023 - 13:37 WIB
Sunartono
Sejarah Benteng Kraton Jogja: Dilengkapi Selokan Pertahanan hingga Gudang Peluru Kawasan sisi dalam Plengkung Gading yang berada di beteng Kraton Jogja. - Harian Jogja/Dok.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kraton Ngayogyakarta memiliki dua benteng yang mengelilingi. Baluwarti yang merupakan benteng luar kraton dan beteng Cepuri yang merupakan benteng dalam yang langsung melingkupi kompleks inti kraton Jogja.

Keberadaan benteng Kraton Jogja yang sampai saat ini masih utuh terutama baluwarti yang bisa disaksikan banyak masyarakat dari luar benteng. Berdasarkan lama resmi Kratonjogja.id, Baluwarti memiliki kesamaan bunyi dengan kata baluarte dari Bahasa Portugis bermaknai benteng. Persamaan ini membuat Denys Lombard, seorang peneliti sejarah Asia Tenggara, menyimpulkan kata Baluwarti sebagai serapan dari Bahasa Portugis. Mengingat pembangunan tembok Baluwarti memiliki masa yang sama dengan pembangunan Tamansari yang dirancang oleh seorang arsitek berkebangsaan Portugis.

Advertisement

BACA JUGA : Penemuan Tengkorak Kepala di Benteng Baluwarti Kraton 

Benteng Baluwarti dibangun pada masa pemerintahan Sri sultan Hamengku Buwono I yang juga pendiri Kraton Jogja antara 1755 hingga 1792). Bentuknya menyerupai persegi empat, dengan porsi luas lebih besar bagian timur. Benteng keraton dari timur ke barat memiliki panjang 1200 meter, sedang arah utara ke selatan 940 meter.

Keberadaan benteng ini memiliki makna berkaitan dengan pertahanan serangan musuk. Maka tak heran jika baluwarti dilengkapi dengan jagang yang merupakan parit pertahanan. Tembok baluwarti memiliki ketebalan 4 meter, di setiap sudut terdapat bastion dengan lubang-lubang kecil untuk mengintai musuh. Kemudian di sudut bagian tenggara dilengkapi dengan gedhong obat atau gudang peluru.

BACA JUGA : Berlangsung Panas, Eksekusi Objek Sengketa Bangunan di Area Benteng Kraton Jogja Gagal

Berdasarkan buku Profil Yogyakarta City of Philosphy, keadaan benteng kraton dan sekitarnya digambarkan dalam gubahan tembang mijil yang juga menyebut keberadaan parit sebagai pertahanan dari serangan musuh. Berikut isi tembangnya:

Ing Mataram Betengiro inggil

Ngubengi kedhaton

Plengkung lima mung papat mengane

Jagangjero toyaniro wening

Tur pinacak suci

Gayam turut lurung

Artinya

Di Mataram bentengnya tinggi

Mengelilingi kedhaton

Plengkung lima hanya empat yang terbuka

Selokan yang dalam dan bening airnya

Lagipula dipasnag jeruji runcing

Pohon Gayam dan sekitarnya.

Dalam lingkup baluwarti memang ada lima gerbang utama yaitu tarunasura, jagasura, jagabaya, nirbaya dan madyasura. Gerbang berbentuk plengkung tinggal dua yaitu Nirbaya dan madyasura, sedangkan tiga lainnya pada 1935 direnovasi berbentuk terbuka seperti candi bentar. Ketiganya adalah Jagasura, Jagabaya dan Tarunasura.

Benteng kraton ini memiliki peran penting dalam peristiwa geger sepehi. Geger Sepehi merupakan peristiwa penyerbuan Kraton Ngogyakarta yang dilakukan oleh Inggris pada tanggal 19-20 Juni 1812 untuk menggulingkan Sultan Hamengkubuwana II Nama sepehi berasal dari pasukan Sepoy yang dipekerjakan oleh Inggris untuk menyerang keraton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Korban Tewas Akibat Baniir dan Longsor di Kabupaten Luwu Jadi 14 Orang

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement