Advertisement

Penerbangan Perdana Rute YIA-Jeddah Dibuka, Kini Umroh dari Jogja Tanpa Transit

Andreas Yuda Pramono
Sabtu, 12 Agustus 2023 - 19:47 WIB
Sunartono
Penerbangan Perdana Rute YIA-Jeddah Dibuka, Kini Umroh dari Jogja Tanpa Transit Pesawat Garuda A330-300 PK-GHA sedang bersiap untuk lepas landas dari Bandara Internasional Yogyakarta ke Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah Arab Saudi (JED) pada Sabtu (12/8/2023). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Maskapai Garuda Indonesia resmi membuka rute penerbangan dari Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) ke Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah Arab Saudi (JED) atau YIA-Jeddah pada Sabtu (12/8/2023). Pembukaan rute tersebut merupakan bagian dari layanan penerbangan umrah.

Direktur Human Capital PT Garuda Indonesia, Salman El Farisiy, mengatakan penerbangan langsung atau tanpa transit umrah YIA-JED-YIA saat ini baru dilayani satu kali dalam sepekan, tepatnya pada hari Sabtu.

Advertisement

BACA JUGA : Bandara YIA Mulai Melayani Penerbangan Umroh Agustus 2023, Ini Maskapainya

"Harapan kami masyarakat yang berada di Yogyakarta dan sekitarnya lebih nyaman karena lebih dekat apabila ingin melakukan penerbangan melalui YIA," kata Salman dalam keterangan tertulis.

Salman menambahkan penerbangan pertama dari YIA ke JED pada Sabtu (12/8/2023) menggunakan pesawat tipe A330-300 PK-GHA dengan nomor penerbangan GA 942. Pesawat tersebut lepas landas pukul 11.05 WIB dengan membawa 216 jemaah umroh.

Ke depan, apabila animo masyarakat untuk melakukan penerbangan ke Jeddah, Arab Saudi tinggi maka tidak menutup kemungkinan untuk menambah jadwal penerbangan.

PGS General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta, Misranedi, mengatakan YIA siap dalam menyambut berkembangnya rute-rute penerbangan baru seperti YIA-JED oleh Garuda Indonesia.

"Dari segi fasilitas bandara, kami menyatakan siap dan menyambut baik atas potensi berkembangnya rute-rute baru," kata Misranedi dalam keterangan tertulis.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, Masmin Afif, mengatakan setiap hari terdapat jemaah haji yang berangkat dari YIA.

BACA JUGA : Makelar Biro Perjalanan Ditetapkan sebagai Tersangka, Buntut Jemaah Calon Umroh Telantar di YIA

"Karena sekarang sudah ada penerbangan langsung, semoga ke depan semakin ramai [jemaah haji dari YIA]," kata Afif.

Ia menambahkan Kulonprogo juga akan menjadi lokasi untuk dibangun embarkasi haji. Dengan begitu, fasilitas pendukung lain perlu dibangun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bisnis Data Center NeutraDC Hadir Sebagai Penyedia AI Enabler di Indonesia Cloud & Datacenter Convention 2024

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement