Advertisement

Butet Beberkan Fakta Djoko Pekik Jadi Tahanan: Tidur Meringkuk Berhimpitan di Lantai Kasar

Bernadheta Dian Saraswati
Minggu, 13 Agustus 2023 - 11:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Butet Beberkan Fakta Djoko Pekik Jadi Tahanan: Tidur Meringkuk Berhimpitan di Lantai Kasar Djoko Pekik - Instagram: @platarandjokopekik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Di mata budayawan asal Jogja, Butet Kartaredjasa, Djoko Pekik adalah sosok seniman yang fenomenal dan tangguh. Kenangannya bersama almarhum Djoko Pekik tidak pernah ia lupakan, terlebih fakta Djoko Pekik lima tahun lalu saat menjadi tahanan. 

Butet menceritakannya melalui Instagram pribadinya @masbutet tentang bagaimana perjuangan sang seniman lukis itu menghadapi gempuran kehidupan di zaman orde baru. 

Advertisement

"PEKIK MERINGKUK. Suatu siang lima tahun lalu saya bersama Pak Djoko Pekik berada di Benteng Vredeburg. Juga beberapa seniman lain ada di situ. Kami meriung, ngobrol ngidul sambil menikmat teh. Tiba2 Pak Pekik mengajak kami masuk sebuah ruang yg kini sudah dipugar, berlantai granit mengkilap," Butet membuka ceritanya. 

Butet pun mengulang cerita fakta Djoko Pekik saat sang maestro lukis itu menjadi tahanan politik (tapol) di masa orde baru. 

Baca juga: Viral Mahasiswa Diare Massal Gegara Makan Nasi Tak Layak saat Orientasi Kampus, Ini Klarifikasi UII

""Dulu lantainya ndak seperti ini. Dari pahatan batu candi. Kasar. Kami para tapol tidur di lantai kasar itu. Tanpa tikar. Tidurnya berhimpitan. Kayak sarden. Hanya bisa meringkuk. Aku di bawah jendela itu," lanjut Butet. 

Butet menulis fakta Djoko Pekik yang memeragakan posisi tidurnya. Pekik seperti merekonstruksi masa gelap, periode dia ditahan penguasa Orde Baru. Mengisahkan bagaimana setiap malam siapa saja tapol yang di-dor alias ditembak, bagaimana dia berinteraksi dengan CPM dan tentara yang bertugas di Vredeburg, bagaimana sesama tapol bisa saling berkhianat, bagaimana kisahnya saat ditangkap dan masa awal perkawinannya dengan Bu Tinuk.

"Semua full drama," kata Butet. 

Beberapa bulan kemudian, lanjut Butet, suatu pagi ketika ia bertamu di rumah Djoko Pekik, dia kembali memeragakan posisi meringkuk itu. Kali ini Pekik mempraktikkan dengan membongkar celana dan baju hingga telanjang dada dan hanya memakai cawat. "Dia meringkuk dan meminta saya memotret posisinya jika tidur saat di penjara. Foto dramatik dengan pencahayaan yang baik," tulisnya.

Akhirnya dari foto itulah lahir lukisan goresan karya pelukis Sigit Santosa yang juga dramatik. Dengan seting sel penjara Vredeburg seperti dituturkan Djoko Pekik. Bedanya, dalam lukisan itu seperti ada luka "bekas paku" di kakinya.

"Seperti luka Sang Penebus Dosa. Semoga Pak Pekik mengakhiri perjalanan hidupnya, dengan menanggalkan semua luka dan meniupkan hawa penebusan. Ikhlas, ikhlas, ikhlas... Selamat jalan Pak Pekik. Sumangga Gusti. ," tutup Butet. 

Itulah fakta Djoko Pekik saat dirinya menjadi tahanan Orde Baru. Seniman lukis asal Jogja Djoko Pekik meninggal dunia pada Sabtu (12/8/2023) pagi sekitar pukul 8.09 WIB. Djoko Pekik meninggal dunia setelah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Panti Rapih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : instagram

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024 Usai, Anis Ajak Masyarakat Aceh Lanjutkan Perjuangan Perubahan

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement