Advertisement

Bregada Jaga Malioboro Tampilkan Budaya untuk Promosikan Pariwisata DIY

Media Digital
Minggu, 13 Agustus 2023 - 11:57 WIB
Stefani Yulindriani Ria S. R
Bregada Jaga Malioboro Tampilkan Budaya untuk Promosikan Pariwisata DIY Bregada Jaga Malioboro berjaga di sepanjang Jalan Malioboro, Minggu (13/8/2023). - Harian Jogja/Stefani Yulindriani Ria

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebagai garda depan promosi pariwisata berbasis budaya di DIY, Bregada Rakyat Malioboro terus ditugaskan setiap akhir pekan di sepanjang Jalan Malioboro. Penampilan bregada berpakaian prajurit pun diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan. 

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata (Dispar) DIY, Kurniawan menyampaikan bregada tersebut sengaja ditempatkan di sepanjang Jalan Malioboro untuk menambah daya tarik wisata budaya di DIY. 

Advertisement

“Ini [Bregada Jaga Malioboro] sengaja ditempatkan sepanjang Jalan Malioboro. Tujuannya sebagai daya tarik tambahan bagi pariwisata DIY,” katanya saat dihubungi melalui telepon, Sabtu (12/8/2023). 

Baca juga: Didukung Pemilik 42,2% Suara Pemilu 2019, Siapa Cawapres Prabowo?

Menurut Kurniawan, saat ini wisata budaya masih menjadi primadona bagi wisatawan di DIY, sehingga ditampilkannya Bregada Rakyat Malioboro yang mengenakan pakaian khas bregada dapat menarik minat wisatawan. Dari ketertarikan tersebut, Kurniawan berharap menjadi kesempatan bagi prajurit bregada mempromosikan potensi pariwisata di DIY. 

Menurut Kurniawan, meskipun penyebaran wisatawan domestik dan internasional sudah terjadi di beberapa destinasi wisata di DIY. Namun, menurutnya Jalan Malioboro masih menjadi titik sentral pariwisata DIY. Sehingga, dengan penempatan Bregada Jaga Malioboro di titik sentral tersebut menjadi salah satu strategi pariwisata Dispar DIY untuk mempromosikan pariwisata DIY kepada wisatawan. 

Menurut Kurniawan, Bregada Jaga Malioboro pun berasal dari beberapa kampung wisata di DIY. Dengan begitu, selain mempromosikan potensi pariwisata DIY, menurut Wawan, prajurit bregada diharapkan juga dapat turut mempromosikan potensi pariwisata di kampung wisatanya masing-masing. “Bregada Malioboro diharapkan turut mempromosikan potensi Kampung Wisata di sekitar Malioboro,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ratusan Rumah Terendam Akibat Luapan Sungai Cibeureum

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement