Advertisement

Puskesmas Gunungkidul Wajib Berikan Layanan Ramah Disabilitas

David Kurniawan
Minggu, 13 Agustus 2023 - 17:37 WIB
Arief Junianto
Puskesmas Gunungkidul Wajib Berikan Layanan Ramah Disabilitas Anak difabel / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul, Dewi Irawaty meminta kepada seluruh puskesmas untuk mengembangkan layanan ramah disabilitas.

Upaya ini sebagai bentuk peningkatan layanan kepada masyarakat. “Sudah diprakarsasi oleh Puskesmas Girisubo. Jadi, puskesmas lain harus ramah disabilitas,” kata Dewi kepada wartawan, Minggu (13/8/2023).

Advertisement

Dia menjelaskan, layanan terhadap disabilitas merupakan hal yang wajib dilakukan. Upaya menuju layanan itu juga sudah diwujudkan dengan membangun sarana prasarana yang ramah difabel.

BACA JUGA: Terkendala Jarak, Ribuan ABK di DIY Tak Bisa Sekolah

Selain itu, juga ada aturan tentang tata cara pelayanan khusus yang memberikan kemudahan bagi warga berkebutuhan khusus ini. Menurut dia, program ramah disabilitas bukan hal yang sulit karena setiap puskesmas sudah membangun akses mulai dari jalur khusus, keberadaan kursi roda hingga toilet khusus bagi penyandang disablitas. “Tidak hanya akses, tapi pelayanan juga harus bagus serta ramah kepada penyandang disabilitas,” katanya.

Kepala Puskesmas Girisubo mengatakan, Pujianta mengatakan, Puskesmas Girisubo berkomitmen untuk memberikan layanan ramah disabilitas.  lounching layanan ramah disabilitas dilakukan oleh Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty, Jumat (11/8/2023).

Program ini sebagai bentuk upaya peningkatan layanan terhadap masyarakat. Menurut dia, jumlah anggota difabel di Kapanewon Girisubo ada 64 orang.

Meski tergolong tergolong kecil, namun tetap harus mendapatkan pelayanan yang terbaik. Komitmen sebagai puskesmas ramah disabilitas diwujudkan dengan membuatkan akses pelayanan khusus seperti jalur kursi roda, jalur tuna netra hingga adanya toilet khusus.

Selain itu, juga ada priortitas layanan karena penyandang disabilitas akan didahulukan mendapatkan nomor antrean ketimbang pasien umum lainnya. “Kami berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik yang ramah disabilitas,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gugatan Kubu Pontjo Sutowo Ditolak PTUN, Penyegelan Hotel Sultan Sah

News
| Selasa, 07 Mei 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement