Advertisement

Merinding! Penumpang Bandingkan Beda Kualitas Udara Jakarta dan Jogja saat Naik Pesawat

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 14 Agustus 2023 - 13:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Merinding! Penumpang Bandingkan Beda Kualitas Udara Jakarta dan Jogja saat Naik Pesawat Tangkapan layar kualitas udara jakarta yang tidak sehat. - Tiktok Sheenamulan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kualitas udara Jakarta pada Senin (14/8/2023) masih dalam kategori buruk. Jika pada Minggu (13/8/2023) kemarin di posisi nomor 1 terburuk dunia, hari ini di posisi ketiga. 

Dikutip dari Bisnis.com-jaringan Harianjogja.com, berdasarkan data IQAir, tingkat polusi Ibu Kota berada di angka 159 AQI US pada pukul 11.00 WIB dan menempati peringkat ke-3 di dunia, turun perlahan dari sebelumnya. 

Advertisement

Level ini dapat diartikan kualitas udara Jakarta tidak sehat untuk pernapasan kebanyakan orang, sehingga disarankan untuk mengenakan masker saat bepergian. 

Di media sosial, video tentang kualitas udara Jakarta yang tidak sehat juga bermunculan. Salah satunya dari akun TikTok Sheenamulan. 

Dalam videonya terlihat bagaimana perbandingan kondisi udara di Jogja dan Jakarta yang terlihat melalui perjalanan udara atau pesawat. Sheenamulan menuliskan perjalanan terbang dari YIA ke Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng (CKG) dimulai pukul 6.25 WIB. Menurutnya, penerbangan itu menjadi penerbangan termeringding yang pernah ia rasakan. 

Baca juga: Didukung Pemilik 42,2% Suara Pemilu 2019, Siapa Cawapres Prabowo?

"Pagi ini dingin sekali. Seneng banget liat pemandangannya. Hijau, asri, nenangin," tulisnya dalam setiap penggalan video, dipantau Harianjogja.com, Senin. 

Video itu menunjukkan bagaimana pesawat itu pelan-pelan terbang meninggalkan tanah Jogja dengan memperlihatkan keindahan pemandangan yang ada di bawahnya.

Gugusan perbukitan dan pegunungan tampak membentang dengan kabut pagi yang ada di sela-selanya. Pemandangan itu seakan menambah kesegaran.

Namun setelah perjalanan sekitar satu jam, pemandangan berubah drastis. Dari udara yang bening menjadi suram, abu-abu.

"Sempat ketiduran dan kaget. Ini ada dimana? Lagi masuk awankah?," tanyanya.

Namun ternyata pesawatnya sudah sampai langit Jakarta. "Ternyata eh ternyata udah sampe Jakarta. Semerinding itu lihat polusi. Langitnya abu-abu. Bandaranya nggak kelihatan. Pekat banget polusinya, sampai takut sendiri. Jangan lupa pakai masker ya guys. Stay healthy and protected," tulis dia. 

Belakangan ini kualitas udara Jakarta yang tidak sehat menjadi topik pembicaraan banyak orang dan media massa.  Peringkat kualitas udara Jakarta saat ini berada di posisi ke-3 di dunia dengan indikator warna adalah merah, yang artinya tidak sehat untuk pernapasan manusia. 

Adapun indikator warna lainnya yaitu ungu yang berarti sangat tidak sehat, hitam berbahaya, hijau baik, dan kuning sedang. 

Seiring kualitas udara Jakarta yang berada pada indikator merah, masyarakat Jakarta diimbau untuk menggunakan masker jika berada di luar ruangan, menutup jendela agar terhindar dari udara kotor dari luar, dan menghindari aktivitas olahraga di luar ruangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com, Tiktok

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bus Rombongan SMK Depok Kecelakaan, Sejumlah Korban Meninggal Dibawa ke RSUD Subang

News
| Sabtu, 11 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement