Advertisement

Polemik Sampah Jogja, Sultan HB X Imbau Masyarakat Kerja Sama dengan Pemulung

Stefani Yulindriani Ria S. R
Jum'at, 18 Agustus 2023 - 19:47 WIB
Maya Herawati
Polemik Sampah Jogja, Sultan HB X Imbau Masyarakat Kerja Sama dengan Pemulung Beberapa gerobak sampah berjejer di depan depo pembuangan sampah sementara di samping Stadion Mandala Krida, Umbulharjo, Jogja, Senin (9/5/2022). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Gubernur DIY Sri Sultan HB X meminta masyarakat agar bekerja sama dengan pemulung untuk penyaluran sampah anorganik. Hal ini agar pemulung tidak kehilangan mata pencarian seiring dengan TPA Piyungan yang hanya dibuka secara terbatas.

Pembukaan secara terbatas TPA Piyungan mengakibatkan banyak sampah menumpuk di luar area TPA. Tak hanya itu pemulung di TPA Piyungan pun kian berkurang.

Advertisement

BACA JUGA: Terdampak Tol Jogja Solo, 3 Makam di Tirtoadi Sleman Segera Direlokasi

“Sampah [anorganik] yang dikumpulkan masyarakat itu dijual kelompok masyarakat ke mana? Sedangkan biasanya diambil pemulung. Kalau diambil kelompok masyarakat terus didistribusikan ke yang biasa mengangkut, membeli barang bekas, kemudian masuk pabrik, berarti pemulung kehilangan pekerjaan,” katanya di kompleks Kepatihan, Jumat (18/8/2023).

Sementara Sultan menginginkan agar sampah anorganik tersebut dapat disalurkan masyarakat pada pemulung, sehingga selain dapat mengatasi persoalan sampah, pemulung pun tetap mendapatkan pencahariannya.

“Mestinya harapan saya tidak seperti itu [dijual tanpa melalui pemulung], kelompok masyarakat menjualnya [sampah anorganik] kerja sama sama pemulung sehingga pemulung tidak kehilangan mata pencariannya [akibat pembatasan TPA Piyungan],” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

PDIP Kota Jogja Perpanjang Pendaftaran

PDIP Kota Jogja Perpanjang Pendaftaran

Jogjapolitan | 38 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

World Water Forum 2024, Presiden WWC: Saatnya Jadi Pendekar Air

News
| Senin, 20 Mei 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement