Advertisement

Peringatan HUT RI Pawai Titis Ginaris Sunar Binabar Digelar di Malioboro pada 26 Agustus

Media Digital
Sabtu, 19 Agustus 2023 - 00:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Peringatan HUT RI Pawai Titis Ginaris Sunar Binabar Digelar di Malioboro pada 26 Agustus Pawai yang digelar di Malioboro, beberapa waktu lalu. Ist

Advertisement

JOGJA–Pawai Kemerdekaan dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78 bakal digelar pada Sabtu (26/8/2023) mulai pukul 14.00 WIB di sepanjang Jalan Malioboro.

Pawai ini menampilkan talent-talent dari Jogja Fashion Carnival yang merupakan salah satu kegiatan dari Dinas Pariwisata DIY bekerja sama dengan Paguyuban Karnaval Jogja Istimewa.

Advertisement

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, menjelaskan kegiatan pawai ini diikuti oleh 15 kelompok hasil seleksi dari DIY dan sekitarnya.

BACA JUGA: Melintas di Jalanan Jogja Kecepatan Maksimal 40 Kilometer Per Jam, Lebih dari itu Ditindak Tegas

Mereka yang lolos yaitu Mbarang Wirang, Rawikara Fashion Carnival, Griya Paes Art Kebumen, For DK, Plumeria, Komunitas Ragam Rupa, Nirwasita Karnaval, Salatiga Carnival Center, Rossynesia Carnival, Nawasena Carnival Syndicate, Seven A+, Bahuwarna Karnaval, Kapita IQ, Wiwiek Poenk Art Flashion dan SSRNB Familia.

"Selain itu, akan dimeriahkan oleh tim Paskibraka Daerah Istimewa Yogyakarta dan dua kelompok marching band (Citra Derap Bahana UNY dan Gita Buana SMAKADANO), serta dua bintang tamu karnaval dari Banyuwangi Etno Carnival dan Traya Art Center Solo," kata Singgih, Jumat (18/8/2023).

Pawai Kemerdekaan 2023 ini mengusung tema “Titis Ginaris Sunar Binabar” yang menggambarkan keindahan garis imajiner Jogja mulai dari Pantai Selatan hingga Gunung Merapi.

Dimana dibagi menjadi 3 subtema, yaitu :
Pertama, Giri yaitu potensi Budaya (mitos, bangunan sejarah, alam, kuliner dll) sisi utara merujuk pada wilayah Gunug Merapi.
Kedua, Gandari yakni potensi Budaya (mitos, bangunan sejarah, alam, kuliner dll) sisi tengah merujuk pada wilayah Alun-Alun, Tugu dan sekitarnya.

Ketiga, Gisik yakni potensi budaya (mitos, bangunan sejarah, alam, kuliner dll) sisi selatan merujuk pada wilayah pantai selatan
"Peserta pawai pun akan menggunakan kostum dengan bahan utama lurik khas Yogyakarta dengan adanya penambahan unsur kemerdekaan RI," ujar Penjabat Wali Kota Yogyakarta itu.

Menurut Singgih, dengan adanya penyelenggaraan even karnaval ini selain dapat ikut memeriahkan Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia. Selain itu juga dapat mendorong meningkatkan potensi keunikan fashion di DIY untuk lebih dikenal tidak hanya di level nasional akan tetapi juga di level internasional dan diharapkan ini dapat diwujudkan melalui penampilan para peserta karnaval tahun ini yang berkomitmen akan menampilkan karya kostum yang unik serta gemerlap.

"Dan tentu saja harapan lainnya dapat memberikan multiflier effect kepada sektor pariwisata lainnya seperti :sektor unggulan ekonomi kreatif yang ada di DIY antara lain : kuliner, fotografi dan lain sebagainya.
Pawai ini terbuka untuk masyarakat umum dan diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke DIY," ujarnya.

Proses persiapan dan pelaksanaan kegiatan bisa diikuti melalui akun media sosial Instagram @visitingjogja. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ratusan Rumah Terendam Akibat Luapan Sungai Cibeureum

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement