Advertisement

Acungkan Celurit di Jalanan, Pemuda Tirtosari Kretek Diringkus Polisi

Hadid Husaini
Selasa, 22 Agustus 2023 - 05:57 WIB
Sunartono
Acungkan Celurit di Jalanan, Pemuda Tirtosari Kretek Diringkus Polisi Jumpa pers pengungkapan kasus penyalahgunaan senjata tajam, Senin (21/8/2023). - Harian Jogja/Hadid Husaini.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Seorang pemuda Desa Tirtosari, Kretek, Bantul berinisial MFN, 18, ditangkap polisi. Ia terlibat kasus meresahkan masyarakat dengan mengacung-acungkan celurit di jalanan.

Adapun tindakan itu dilakukan MFN bersama komplotannya pada Sabtu (5/8/20230 dinihari. Kasatreskrim Polres Bantul, AKP Bayu Sila Pambudi menyampaikan penangkapan pelaku bermula dari laporan warga yang melihat remaja menggunakan sepeda motor jenis PCX dengan membawa senjata tajam pada Sabtu (5/8/2023) pukul 01.30 WIB.

Advertisement

BACA JUGA : Polisi Tangkap 15 Pelaku Klitih Jogja yang Viral, 9 Masih Anak-Anak

“Ada laporan masyarakat  ketika petugas melaksanakan patroli skala besar. Ada remaja yang menggunakan motor PCX warna merah yang mengacungkan celurit di jalan Bantul yang mengarah ke timur ke Arah Pasar Niten Baru,” sebutnya dalam jumpa pers di Polres Bantul, Senin (21/8/2023).

Polisi kemudian melakukan tindakan laporan masyarakat tersebut dan mendapati terdapat sejumlah remaja yang berkumpul di Pedukuhan Prancak Sawit, Panggungharjo, Sewon.

“Petugas mendatangi tongkrongan tersebut dengan indikasi terdapat motor SPM PCX warna merah. Selanjutnya petugas menggeledah lokasi dan ditemukan minuman beralkohol dan empat bilah celurit yang disimpan di bawah sofa,” katanya.

Dari saksi-saksi yang dimintai keterangan di lokasi tersebut, diketahui bahwa salah satu celurit dimiliki oleh tersangka dengan inisial MFN, 18.

MFN  membawa senjata tajam berupa satu bilah celurit  dengan Panjang 48 cm bergagang  besi warna silver dan celurit dengan Panjang 38 cm bergang plastic warna merah.

BACA JUGA : Ini Wajah dan Peran Para Pelaku Klitih Titik Nol Jogja

Tersangka mengaku terlebih dahulu disimpan di rumah kawannya, kemudian keesokan harinya dibawa ke tempat tongkrongan. Celurit tersebut rencananya akan digunakan tersangka untuk tawuran dengan kelompok remaja dari sekolah lain.

Adapun barang bukti yang disita polisi berupa empat buah celurit, satu tas punggung, satu unit sepeda motor Honda Beat, satu dompet berisi KTP atas nama pelaku yang beralamat di Tirtosari, Kretek, Bantul. “Selain itu kami juga mengamankan satu unit sepeda motor Honda PCX Warna merah,” katanya.

Buntut dari ulanya tersebut, MFN dikenakan pasal 2 ayat 1 Undang-Undang darurat Nomor 1 tahun 1951 tentang penyalahgunaan senjata tajam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup, Karyawan Ucapkan Selamat Tinggal

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement