Advertisement

Kaum Disabilitas Paling Suka Pelatihan Menjahit

Catur Dwi Janati
Jum'at, 25 Agustus 2023 - 22:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kaum Disabilitas Paling Suka Pelatihan Menjahit Ilustrasi kaum difabel. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sleman terus menggelar pelatihan bagi kaum disabilitas untuk memaksimalkan potensi mereka. Keterampilan jahit dan bordir menjadi dua bidang yang paling banyak diminati para peserta pelatihan disabilitas. 

Kepala Disnaker Sleman, Sutiasih menjelaskan selama kurun waktu beberapa tahun terakhir pelatihan keterampilan kepada disabilitas terus digelar. Jumlah pelatihannya beragam tiap tahunnya, yakni berdasarkan permintaan dari disabilitas di Sleman. 

Advertisement

"Tahun ini permintaannya cuma satu. Kalau tahun kemarin ada dua, tahun kemarinnya lagi ada tiga. Jadi tergantung dari permintaan melalui Musrenbang," terangnya pada Jumat (25/8/2023) 

Jenis pelatihan menjahit menjadi bidang yang paling kerap dimintakan para disabilitas. Meski demikian ada juga yang menginginkan pelatihan lainnya seperti pelatihan membordir juga pelatihan membatik.  Pelatihan ini biasanya diajukan melalui organisasi disabilitas yang menaungi para difabel. 

Baca juga: Pembeli di Pangkalan LPG 3 KG Ada yang PNS, Data Tidak Bisa Diinput

"Pelatihan jahit, pelatihan bordir, sesuai dengan keinginan. Kalau tahun kemarin ya bordir, jahit ada. Kebanyakan bordir dan jahit yang diminta, batik juga," lanjutnya. 

Secara prinsip, Disnaker Sleman Kaya Sutiasih siap membantu disabilitas kepada perusahaan. Hanya saja banyak disabilitas yang dilatih lebih berminat untuk menjadi wirausahawan. 

"Kesempatan itu seluas-luasnya kami berikan. Kadang-kadang lowongan itu enggak ada yang mengakses. Kebanyakan kalau ditanya inginnya jadi wirausaha," ungkapnya. 

Hampir di setiap pelatihan yang digelar kebanyakan peserta ingin menjadi wirausahawan. Fakta ini membuat pemerintah akhirnya memberikan hibah berupa mesin jahit portable untuk menunjang keberlangsungan wirausaha yang ingin digeluti para disabilitas. 

Sutiasih berharap melalui pelatihan keterampilan ini para disabilitas dapat memaksimalkan potensinya. Baik untuk bekerja di perusahaan maupun membuka peluang usaha sendiri. "Kami menyesuaikan keinginan mereka. Kalau mau bekerja ya kami carikan lowongan. Nanti kami hubungi kalau mau kerja. Kalau untuk wiraswasta kan sudah cukup, dikasih keterampilannya sudah, alatnya sudah, kan tinggal dibuka saja usahanya," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Indonesia Kecam Serangan Militer Israel ke Rafah

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement