Advertisement

Didukung Dana Keistimewaan, Desa Wisata di Kulonprogo 3 Kali Raih ADWI

Media Digital
Sabtu, 26 Agustus 2023 - 06:37 WIB
Sunartono
Didukung Dana Keistimewaan, Desa Wisata di Kulonprogo 3 Kali Raih ADWI Paniradya Pati Paniradya Kaistimewan DIY, Aris Eko Nugroho - dok

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Peran dana keistimewaan DIY telah banyak dirasakan masyarakat terutama di sektor pariwisata. Dana ini digelontorkan melalui beragam program desa wisata yang langsung menyasar masyarakat luas.

Salah satu di antaranya program untuk mendukung desa wisata di Kulonprogo. Berkat dukungan dana keistimewaan DIY, Kulonprogo tiga kali meraih penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).   

Advertisement

Pertama diraih oleh Desa Wisata Tinalah di Purwoharjo, Samigaluh pada 2021. Kemudian tahun 2022 Desa Wisata Widosari di Ngargosari, Samigaluh kembali meraih ADWI dan terbaru penghargaan ADWI 2023 jatuh kepada Desa Wisata Hargotirto, Kokap.

BACA JUGA : Jokowi Bertemu Anies untuk Tawarkan Gibran Jadi Cawapres, Ini Faktanya

Paniradya Pati Paniradya Kaistimewan DIY Aris Eko Nugroho menjelaskan ketiga desa wisata tersebut mendapatkan dukungan danais melalui program yang digulirkan oleh Dinas Pariwisata Kulonprogo. Beragam program tersebut mampu memotivasi perkembangan desa wisata hingga memperoleh penghargaan tersebut.

“Selama ini kan dana keistimewaan itu persepsinya hanya untuk budaya tari-tarian seni, tetapi ini budaya dalam arti luas, termasuk menyasar pariwisata, dalam hal ini desa wisata. Seperti di Kulonprogo ini ada tiga desa wisata mendapatkan ADWI berturut-turut karena didukung dengan dana keistimewaan,” kata Aris Selasa (22/8/2023).

Ia menambahkan dukungan danais pada desa wisata tersebut memang tidak hanya dalam bentuk bantuan keuangan khusus (BKK). Akan tetapi danais yang masuk pada kegiatan di Dinas Pariwisata Kulonprogo. Dana tersebut di antaranya digunakan untuk pembangunan fasilitas seperti pembangunan jalur menuju destinasi lewat program padat karya. Kemudian dukungan danais untuk menggelar berbagai event dan pendampingan secara intensif untuk pengembangan destinasinya.

“Kalau Desa Widosari sudah dapat 5 paket BKK padat karya. Kalau  yang lain [Tinalah dan Hargotirto] pendampingan dan fasilitasi event untuk mendorong peningkatan kunjungan dan kualitas destinasi. Kalau BKK ada yang berupa padat karya Jogja Istimewa untuk jalan menuju objek wisata,” katanya.

Aris mengatakan destinasi lain yang belum mendapatkan program danais sebenarnya bisa mengajukan melalui kabupaten untuk mengembangkan potensi wisatanya. Akan tetapi terpenting, warga masyarakat harus memiliki komitmen bahwa desanya dikembangakan menjadi destinasi wisata.

“Kulonprogo ini sudah hattrick ADWI ini luar biasa, akan lebih luar biasa lagi ketika yang sudah diperoleh ini dijaga, dipelihara. Destinasi harus dibikin ngangeni dengan berbagai inovasinya, karena kalau tidak kangen orang datang hanya sekali lalu sudah,” ujarnya.

Aris mengatakan prinsipnya Pemda DIY siap memberikan dukungan terhadap pengembangan potensi wisata masyarakat. “Misalnya di desa wisata itu ada kesulitan menempatkan busnya ini menjadi bagian yang harus diperbaiki dan menjadi masukan kami bersama tim angggaran pemerintah daerah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Buka Seleksi CPNS Jalur Sekolah Kedinasan, Ada 3.445 Formasi

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement