Advertisement

70 Titik Blankspot Berada di Zona Selatan Gunungkidul

David Kurniawan
Minggu, 27 Agustus 2023 - 12:37 WIB
Abdul Hamied Razak
70 Titik Blankspot Berada di Zona Selatan Gunungkidul Proses pembangunan JJLS di kawasan pesisir Gunungkidul. Hingga sekarang, pemkab Gunungkidul masih menemukan titik-titik di kawasan selatan yang kesusahan sinyal telekomunikasi. Foto diambil 30 Juni 2023. Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemkab Gunungkidul masih memiliki banyak Pekerjaan Rumah (PR) untuk mendukung kawasan pantai selatan menjadi halaman muka di DIY. Pasalnya, hingga sekarang masih ada 70 titik blankspot sehingga membutuhan dukungan jaringan telekomunikasi.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunungkidul, Mohammad Arif Aldian mengatakan, hasil pemetaan yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika masih ada 70 titik blankspot. Adapun areanya berada di kawasan pantai selatan Gunungkidul.

Advertisement

BACA JUGA: Menjaga Paru-paru Tetap Bersih dan Sehat Saat Polusi Udara Tinggi, Begini Caranya

Sejalan dengan progam dari Pemerintah DIY untuk menjadikan wilayah pesisir menjadi halaman muka, maka keberadaan hotspot jaringan komunikasi sangat dibutuhkan.

Pemenuhan konektivitas ini sangat dibutuhkan  dalam upaya menggerakan aktivitas perekonomian hingga investasi di sisi selatan Gunungkidul. “Jadi memang butuh penguatan untuk jaringan internet di 70 titik tersebut,” kata Aldian kepada Harianjogja.com, Minggu (27/8/2023).

Menurut dia, upaya pemenuhan jaringan terus dilakukan. Selain berkoordinasi dengan internal Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Gunungkidul, juga ada upaya kerja sama dengan Pemerintah DIY maupun stakeholder lainnya seperti PLN dan sebagainya.

“Tentunya ada upaya pemenuhan fasilitas tersebut dan adanya sinergitas sangat penting guna mewujudkannya,” kata Aldian.

Hingga sekarang, hotspot internet yang terpasang di internal pemerintahan dan publik ada sekitar 1.050 titik. Jumlah ini tersebsar di OPD, kapanewon, Unit Pelaksana Teknis (UPT), kalurahan hingga komunitas.

“Jaringan internet yang ada sangat pasang sehingga ada upaya menambah jangkauan untuk memberikan pelayanan terbaik,” kata mantan Kepala Dinas Pariwisata ini.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Gunungkidul, Setiyo Hartarto membenarkan masih adanya masalah jaringan internet di zona selatan Gunungidul. Meski demikian, ia memastikan dari 70 titik yang bermasalah tidak semuanya blankspot, dikarenakan sudah ada jaringan yang masuk, meski keberadannya masih butuh penguatan.

“Ada jaringan telekomunikasi yang masuk, tapi tertentu. Jadi, memang butuh penguatan,” katanya.

Menurut Setiyo, untuk penguatan masih butuh koordinasi lanjutan, khususnya dengan dinas pariwisata karena kebanyakan titik ini berada di kawasan wisata. Pihaknya selaku pelaksana teknis siap melaksanakan pemasangan untuk penguatan jaringan, tapi perencanaan diserahkan sepenuhnya ke dinas pariwisata.

“Kita yang akan mengeksekusi [menjalankan 70 titik blankspot], tapi perencanaan menunggu konsep yang dikembangkan dinas pariwisata,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Bakal Susun Kursi Menteri hingga 40, Gerindra Membantah

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement