Advertisement

Segera Daftar! Pemkot Siapkan 2.000 Vaksin Rabies di 13 Klinik

Triyo Handoko
Senin, 28 Agustus 2023 - 21:57 WIB
Arief Junianto
Segera Daftar! Pemkot Siapkan 2.000 Vaksin Rabies di 13 Klinik Ilustrasi vaksinasi rabies / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Vaksinasi rabies digencarkan lagi oleh Pemkot Jogja. Untuk itu sudah disiapkan 2.000 vaksin.

Pencegahan rabies terus ditingkatkan Pemkot Jogja, khususnya bagi pemilik hewan peliharaan di wilayah Jogja.

Advertisement

Hingga kini Kota Jogja masih nihil kasus rabies, namun sampai Juli kemarin sudah ada 28 kasus gigitan hewan penular rabies. Dalam pengecekan Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kota Jogja pada 28 kasus tersebut nihil ditemukan rabies.

Vaksinasi rabies yang digelar secara gratis oleh DPP Kota Jogja akan dimulai pada September mendatang. Vaksinasi menyasar hewan peliharaan seperti anjing, kucing, dan monyet.

BACA JUGA: Tak Ingin Kecolongan Rabies, Pemkot Beri Vaksin Rabies 2.500 Hewan

DPP Kota Jogja sudah berkoordinasi dengan seluruh kelurahan di wilayahnya terkait agenda rutin vaksinasi tersebut. Vaksinasi ini akan digelar di 45 kelurahan Kota Jogja, dimana penyelenggaraan akan digilir sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

Kepala DPP Kota Jogja Suyana menjelaskan perhari pihaknya akan menggelar vaksinasi di tiga kelurahan. “Tidak hanya ke kelurahan kami juga menyasar klinik hewan di Kota Jogja untuk vaksinasi rabies ini,” jelasnya, Senin (28/8/2023).

Total ada 13 klinik hewan di Kota Jogja yang akan diselenggarakan vaksinasi rabies. “Kegiatan vaksinasi ini rutin dilakukan tiap tahun, untuk mencegah rabies di Kota Jogja karena sudah sejak 1997 nihil rabies di wilayah kami,” terangnya.

Data DPP Kota Jogja menyebut pada 2022 telah melakukan vaksinasi sebanyak 2.179 hewan penular rabies yang terdiri atas 401 anjing, 1.774 kucing, dan 4 ekor monyet. “Tahun ini kami prioritaskan yang belum divaksin,” kata Suyana.

Suyana menjelaskan vaksinasi ini bisa diikuti dengan syarat menunjukan KTP dengan domisili Jogja atau surat tanda domisili. “Vaksinasi gratis dan sudah kami sosialisasikan ke kelurahan-kelurahan semoga diikuti banyak masyarakat,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement