Advertisement

Mahasiswa Fakultas Ekonomi UPN Veteran Yogyakarta Dituntut Jadi Pengusaha Muda

Jumali
Senin, 28 Agustus 2023 - 23:37 WIB
Maya Herawati
Mahasiswa Fakultas Ekonomi UPN Veteran Yogyakarta Dituntut Jadi Pengusaha Muda Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta Sujatmika saat meninjau outlet minuman serta susu segar di lingkungan kampus. - ist - UPN

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Saat ini sekitar 5.000 mahasiswa terdaftar aktif di Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta. Menurut Dekan FEB UPN Veteran Yogyakarta Sujatmika dari jumlah tersebut, ada yang terdata dan tidak terdata melakukan bisnis. Kalau yang terdata ada sekitar 10% mahasiswa yang sudah mulai berbisnis.

Padahal, mahasiswa FEB UPN Yogyakarta harus menjadi pencipta lapangan kerja entrepreneur. "Jadi mereka harus menjadi enterpreneur. Bukan hanya mencari pekerjaan semata," ucapnya, Senin (28/8/2023).

Advertisement

Sujatmiko menjelaskan mahasiswa FEB UPN Yogyakarta harus belajar praktek bagaimana menciptakan usaha serta mengelola bisnis yang dijalaninya. "Mahasiswa jangan hanya belajar teori. Tapi, harus berjalan praktik menciptakan bisnis dan mengelolanya," ucapnya.

Ke depan Sujatmiko berharap, mahasiswa FEB UPN Yogyakarta bisa membantu pemerintah untuk menjadi entrepreneur muda sesuai bidang yang diinginkannya.

Salah satu mahasiswa FEB UPN Yogyakarta, Firdaus Reza Maulana menjelaskan, saat ini dirinya membuka outlet minuman serta susu segar di lingkungan kampusnya. Adapun harganya mulai Rp10.000 sampai Rp23.000. "Jadi sangat terjangkau lah bagi kantong mahasiswa," jelas Reza.

BACA JUGA: 5 Destinasi Wisata yang Sedikit Polusi di Indonesia

Reza yang dibantu adiknya yang juga mahasiswa FEB UPN menjelaskan, selain membuka Jo Re dirinya juga mengembangkan usaha sablon dan printing di lingkungan kampus.

"Kalau usaha sablon dan printing ini kami sudah jalankan sebelumnya. Idenya buka di kampus karena kemarin ada mahasiswa baru. Jadi kami mulai belajar bisnis di lingkungan kampus ini," jelasnya.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UPN Veteran Yogyakarta Hendro Widjanarko, menjelaskan, pihak kampus akan mendukung dan memfasilitasi mahasiswa untuk mengembangkan bisnis.

"Jadi kampus akan memberikan support dan memfasilitasi setiap mahasiswa yang akan berwirausaha. Kami berharap akan muncul para wirausaha muda dan berbakat dari kampus ini," katanya.

Kepala Pengembangan Karier dan Kewirausahaan UPN Yogyakarta Danang Widiantoro mengungkapkan, belajar bisnis dilingkungan kampus dapat memunculkan jiwa entrepreneur mahasiswa FEB UPN. "Jadi mahasiswa kami persiapkan untuk memasuki dunia kerja terutama untuk berwirausaha," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Kasus DBD di Gunungkidul Mulai Menurun

Kasus DBD di Gunungkidul Mulai Menurun

Jogjapolitan | 29 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Bersepeda di Jalan Sudirman-Thamrin Minggu Pagi

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement