Advertisement

Kembali Makan Korban Jiwa, Wisata Sungai Oya di Imogiri Ditutup

Lugas Subarkah
Rabu, 30 Agustus 2023 - 09:17 WIB
Sunartono
Kembali Makan Korban Jiwa, Wisata Sungai Oya di Imogiri Ditutup Polisi mengevakuasi korban tenggelam di Sungai Oyo, Selopamioro, Imogiri, Selasa (29/8/2023). - ist/Polres Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Seorang remaja kembali menjadi korban tenggelam di sebuah tempat wisata sungai di Selopamioro, Imogiri, Selasa (29/8/2023). Siswa SMK tersebut meninggal setelah tenggelam di Sungai Oya dan tidak bisa menyelamatkan diri.

Dalam sepekan wisata sungai ini memakan dua korban jiwa. Oleh karena itu kawasan wisata ini ditutup sementara.

Advertisement

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana, menjelaskan korban bernama Rizqi Akbar Syahrul Ramadhan, 16, warga Jetis, Bantul. Saat kejadian, korban tengah bermain di lokasi wisata sungai tersebut bersama 25 temannya. "Korban dan tiga teman lainnya mandi di sungai, sekira pukul 14.15 WIB" katanya saat dikonfirmasi, Rabu (30/8/2023).

BACA JUGA : Selang 4 Hari, Dua Nyawa Melayang Tenggelam di Selopamioro Park

Saat asyik berenang, korban beberapa kali menyelam ke dalam air. Namun kurang lebih 5 menit korban yang menyelam ke dalam air tidak keluar ke permukaan. "Maka selanjutnya teman korban panik dan memanggil-manggil korban dan berusaha mencari keberadaannya," paparnya.

Kurang-lebih 5 menit kemudian korban ditemukan mengapung di bawah jembatan di sisi utara. Selanjutnya ketiga teman korban berenang untuk menolong korban dan kemudian dibawa ke pinggiran sungai. Atas kejadian tersebut teman korban meminta bantuan ke puskesmas Imogiri II melalui telepon.

Selang 15 menit kemudian tim medis puskesmas Imogiri II sampai ke TKP. Berdasarkan pemeriksaan tubuh korban oleh tim medis puskesmas dan Inafis Polres Bantul, dipastikan korban meninggal kurang dari 4 jam dan tidak ditemukan adanya tanda-tanda penganiayaan.

Korban dipastikan meninggal dunia karena tenggelam di Sungai Oya. Atas kejadian tersebut, keluarga korban menerima bahwa meninggalnya korban murni karena kecelakaan. "Selanjutnya korban dibawa pulang untuk dimakamkan," ungkapnya.

Sebelumnya, di lokasi yang sama juga terjadi kecelakaan tenggelam dengan satu korban jiwa pada Sabtu (26/8/2023). Di kejadian pertama, korban juga seorang remaja bernama Dante Aditya Saputra, warga Sewon. Korban diketahui tidak bisa berenang sehingga tenggelam saat mandi di sungai.

BACA JUGA : Pemburu Harta Karun Kali Oya Gunungkidul 

Pasca kejadian tersebut, di lokasi itu sudah diberi peringatan agar pengunjung tidak mandi di sungai. "Dari Polsek Imogiri atas kejadian pertama itu sudah memasang imbauan dilarang mandi-mandian di sungai. Nah ternyata masih ada kejadian kedua," katanya.

Menindaklanjuti hal ini, untuk sementara tempat wisata tersebut saat ini ditutup. "Untuk dibukanya kembali masih menunggu info. Ditutup sementara untuk meminimalisasi kejadian laka air kembali," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Jogjapolitan | 13 hours ago

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BMKG Pastikan Udara Panas di Indonesia Akhir-akhir Ini Bukan Heatwave, Ini Penjelasannya

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement