Advertisement

Catat Tanggal dan Lokasinya! Pemkab Kulonprogo Bakal Gelar Kontes Kambing Etawa

Andreas Yuda Pramono
Rabu, 30 Agustus 2023 - 16:57 WIB
Arief Junianto
Catat Tanggal dan Lokasinya! Pemkab Kulonprogo Bakal Gelar Kontes Kambing Etawa Ilustrasi kontes kambing. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Kulonprogo akan mengadakan kontes ternak kambing Peranakan Ettawa (PE) di Pasar Hewan Terpadu Kulonprogo pada Selasa (19/9/2023). Kontes tersebut menjadi upaya untuk mendongkrak harga jual kambing PE.

Kepala Bidang Peternakan DPP Kulonprogo, Hari Suryanto, mengatakan bahwa kambing PE merupakan komoditas ternak unggulan Kabupaten Kulonprogo. Selain itu, pasar untuk kambing PE tergolong besar. "Kambing PE termasuk komoditas unggulan Kulonprogo. Bukan kambing potong itu tapi untuk klangenan," kata Hari, Selasa (19/9/2023).

Advertisement

Ditetapkannya kambing PE sebagai komoditas unggulan dibarengai dengan prospek pasar kambing yang luas. Ke depan, DPP mengupayakan agar setiap kapanewon memiliki peternak kambing PE.

BACA JUGA: Ratusan Kambing Etawa Ikut Kontes

Sebenarnya, kata dia, kambing PE lebih cocok dikembangbiakkan di wilayah Utara atau di kawasan perbukitan. Hampir semua warga Kapanewon Samigaluh, Kalibawang, Girimulyo memelihara kambing PE. Hanya saja, seiring perkembangan waktu, wilayah bawah juga ada yang mengembangbiakkan kambing PE.

"Peternak-peternak yang memang sudah profesional itu kalau mengembangbiakkan di bawah juga bisa. Soalnya ada susu pengganti untuk induk [kambing PE]. Kalau begitu ke depan rencana kami semua kapanewon ada [peternak kambing PE]. Benar-benar prospek," katanya.

Harga kambing PE bervariasi. Kambing PE yang biasa dihargai sekitar Rp10 juta untuk betina dan Rp15 juta -- Rp20juta untuk jantan. Harga tersebut akan melejit mencapai lebih dari Rp100 juta ketika kambing PE memenangi kontes.

"Kegiatan ini khusus untuk Kabupaten Kulonprogo. Tujuan lainnya itu untuk mendongkrak harga jual kambing PE. Kambing ini juga sudah dikenal di seluruh Indonesia. Pasarnya luas," katanya.

"Cempe berumur tiga bulan aja bisa dihargai Rp50 juta. Kalau memang bentuknya bagus."

Sementara itu, Pejabat Fungsional Pengawas Mutu Hasil Pertanian DPP Kulonprogo, Yanuaryanti Kristina Putraningsih mengatakan kontes kambing PE juga bertujuan untuk memunculkan bibit-bibit lokal kambing PE yang berkualitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kecelakaan Maut Bus Pengangkut Rombongan SMK Depok di Subang Diduga Rem Blong

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 00:07 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement