Advertisement

Asyik Bermain di Pantai Baru, Belasan Anak-Anak Disengat Ubur-ubur

Yosef Leon
Minggu, 03 September 2023 - 19:57 WIB
Arief Junianto
Asyik Bermain di Pantai Baru, Belasan Anak-Anak Disengat Ubur-ubur Personel SAR Satlinmas IV Bantul mengobati anak-anak yang tersengat ubur-ubur di Pantai Baru, Minggu (3/9/2023)./Harian Jogja - Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sebanyak 13 wisatawan yang berkunjung ke Pantai Baru, Bantul dilaporkan tersengat ubur-ubur. Kemunculan hewan itu disebut sudah berlangsung sejak Jumat (1/9/2023) lalu dan diprediksi masih ada sampai dengan Minggu (3/9/2023).

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah IV Bantul, Nugroho menjelaskan sebagian besar korban wisatawan yang tersengat itu masih berusia anak-anak. Mereka mengeluh mengalami sakit di bagian tubuh yang tersengat ubur-ubur. Kemunculan hewan itu akibat terbawa ombak sampai ke tepi pantai. "Korbannya kebanyakan anak-anak yang sedang main dan mandi di tepi pantai. Mereka mengeluh kesakitan di bagian yang tersengat," kata Nugroho. 

Advertisement

Nugroho menyampaikan, keberadaan ubur-ubur yang berbentuk gelembung berwarna putih kebiru-biruan itu tidak disadari oleh pengunjung terutama mereka yang masih anak-anak. Ketika sedang asyik bermain mereka lantas tersengat dan mengerang kesakitan. "Rata-rata bagian tubuh yang tersengat itu di bagian kaki, tangan, perut bahkan ada yang disengat di mulut. Banyak anak-anak yang menagis keras karena kesakitan" katanya. 

BACA JUGA: Ubur-Ubur Bermunculan di Pantai Gunungkidul, Belasan Wisatawan Jadi Korban Sengatan

Personel SAR Satlinmas Wilayah IV yang berada di lokasi pun melakukan pertolongan kepada pengunjung yang tersengat. Mereka diberikan obat-obatan berupa cukak dan obat salep oles yang dikhususkan untuk mengobati wisatawan yang tersengat ubur-ubur beracun. "Tidak ada yang dirujuk ke rumah sakit, semuanya hanya diobati di lapangan saja dengan obat-obatan yang kami sediakan sebagai antisipasi," ujar dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement