Advertisement

Ratusan Pelari Jelajahi Kebun Salak di Turi Sleman

Sunartono
Minggu, 03 September 2023 - 13:17 WIB
Sunartono
Ratusan Pelari Jelajahi Kebun Salak di Turi Sleman Pelari memasuki garis finish di kawasan Desa Wisata Pinang, Donokerto, Turi, Sleman, Minggu (3/9/2023). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ratusan pelari memuaskan hobinya dengan berlari mengelilingi rute kebun Salak di kawasan Desa Wisata Pinang, Turi, Sleman, Minggu (3/9/2023).

Kegiatan lari ini merupakan rangkaian SiBakul Sport Fest 2023 Nyawiji Greget Sengguh Ora Mingkuh bersiap digelar 9-10 September 2023 mendatang di Mandala Krida yang akan melibatkan 3.500 pelari dari berbagai kota di Indonesia.

Advertisement

Kabid Kewirausahaan Dinas Koperasi UKM DIY Wisnu Hermawan menjelaskan event lari di Desa Pinang Donokerto ini sebagai pemanasan ajang lari yang akan digelar pada September 2023 mendatang. Diikuti 300 pelari yang merupakan perwakilan komunitas lari dari DIY dan beberapa kota di Indonesia. Para peserta disuguhi dengan track yang menarik di area perkebunan Salak di Donokerto dengan suasana desa yang asri dan udara bersih.

BACA JUGA : 6 Desa Wisata di Jogja, Bisa Jadi Referensi Liburan

"Peserta menikmati keindahan alam yang menarik di Turi dalam perjalanan lari, sekaligus untuk mengenalkan lebih luas UMKM menarik yang ada di Donokerto. Desa Wisata Dewi Pinang memiliki niat untuk berkolaborasi dengan SiBakul Sport Fest,” katanya.

Ketua tim Interprofesi Community and Family Health Care Interprofessional Education(CFHC-IPE) FKKMK UGM sekaligus Perwakilan Desa Wisata Pinang Widyandana menyatakan event tersebut menjadi momentum bagi kawasan desa wisata untuk melakukan promosi produk UMKM hingga potensi alam. Menurutnya banyak yang menarik dieksplorasi di Desa Wisata Dewi Pinang, di antaranya berbagai jenis minuman dari kencur hitam hingga risol mayo salak dan ketan telang.

“Kami mengapresiasi desa wisata ini dipilih jadi lokasi road show, kami berharap komunitas lari yang memiliki jejaring luas bisa turut serta mengenalkan potensi desa wisata karena memiliki banyak potensi hasil pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

BACA JUGA : Pelaku Ekraf Desa Wisata Bugisan Ikuti Kegiatan Digital Transformation

Panitia Kegiatan Septiadi Pityanta menambahkan kegiatan road show itu bertajuk Sowan Turi diikuti pelari berbagai komunitas dari DIY dan kota lain menjajal rute 7 kilometer di kawasan Turi Sleman. Rutenya mengelilingi perkebunan salak di perdesaan yang asri menjadi daya tarik tersendiri.

“Kegiatan ini juga memberikan perhatian terhadap perkembangan UMKM di Jogja seperti di Turi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kelola Judi Online Cuaca77.com, 11 Orang Ditetapkan Tersangka

News
| Selasa, 30 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement