Advertisement

Pemkot Jogja Gelar Lomba Desain Batik Kasual untuk Pelajar

Ujang Hasanudin
Rabu, 06 September 2023 - 15:17 WIB
Ujang Hasanudin
Pemkot Jogja Gelar Lomba Desain Batik Kasual untuk Pelajar Perwakilan Panitia Gelar Hari Batik Nasional berfoto bersama dengan Pemimpin Redaksi Harian Jogja, Anton Wahyu Prihartono (Keempat dari kiri) dan GM Pemasaran Harian Jogja, Sri Pujiningsih (ketiga dari kanan) di kantor Harian Jogja, Rabu (6/9/2033). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jogja bersama Pemkot Jogja akan menyelenggarakan Gelar Hari Batik Nasiona pada 1-2 Oktober 2023 mendatang di Gedung Pusat Desain Industri Nasional (PDIN) Jogja.

Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional dan HUT Kota Jogja ke-267 tersebut berupa pameran kerajinan batik, fashion show, dan lomba membatik bagi anak anak sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK).

Advertisement

Seksi Acara apda Panitia Gelar Hari Batik Nasional 2023 Jogja, Mei Prihantoro mengatakan untuk fashion show dengan tema batik akan diselenggarakan pada Minggu, 2 Oktober 2023. Untuk pesertanya adalah semua lurah di Kota Jogja. “Nanti akan dinilai penampilan terbaik, kostum terbaik, dan pendukung terbaik,” katanya saat berkunjung ke Harian Jogja, Rabu (6/9/2023).

Selain itu juga ada lomba membuat desain baju batik kasual yang akan diikuti oleh siswa siswi dari  SMA dan SMK se-Kota Jogja. untuk lomba tersebut pihaknya akan bersurat ke semua sekolah SMA dan SMK yang menjadi kewenangan Pemda DIY untuk mengirimkan perwakilan dalam mengikuti lomba desain batik kasual tersebut.

BACA JUGA: Mengenakan Batik Sehari-Hari, Cara Warga Giriloyo Lestarikan Budaya

Menurutnya lomba desain batik kasual tersebut bagian dari menegnalkan batik kepada generasi muda yang cenderung kurang percaya diri dengan mengenakan batik. “Dengan desai anak-anak muda harapannya mereka lebih dekat dengan batik dan mau melestarikannya,” ucapnya.

Untuk lomba desain baju batik kasual ini dikumpulkan pada 1 Oktober 2023 dan diumumkan pada 2 Oktober. Tidak ada persyaratan khusus bagi yang ingin ikut dalam lomba tersebut, asalkan siswa siswi yang berasal dari SMA dan SMK di Kota Jogja.

Sementara itu selama dua hari tersebut juga akana da pameran berbagai kerajinan batik dari 20 industeri kerajinan dan sentra batik. Pameran itu terbuka untuk umum

Analis Kebijakan Ahli Muda, Kelompok Subtansi Pengembangan dan Sarana Prasarana Industri pada Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UKM (Disperinkop UKM), Endang Wahyuningsih mengatakan Gelar Hari Batik Nasional yang diselenggarakan pada 1-2 Oktober 2023 tersebut merupakan pertama kalinya. Menurutnya kegiatan tersebut bagian dari upaya melestarikan batik Jogja.

Karena itu kegiatannya juga melibatkan anak-anak muda. Sehingga anak muda tidak kehilangan jejak batik. “Seperti lomba desain baju batik kasual ini agar anak muda kalau menegnakan baju batik full kan biasanya kurang percaya diri, tapi dengan desain mereka sendiri mereka mau makai dan mau mencintai batik,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024 Usai, Anis Ajak Masyarakat Aceh Lanjutkan Perjuangan Perubahan

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement