Advertisement

Pabrik Penyamakan Kulit di Kotagede Kebakaran, Satu Orang Sesak Nafas

Triyo Handoko
Jum'at, 08 September 2023 - 19:37 WIB
Arief Junianto
Pabrik Penyamakan Kulit di Kotagede Kebakaran, Satu Orang Sesak Nafas Suasana pemadaman kebakaran yang terjadi di pabrik penyamak kulit di Kotagede, Jogja. - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kebakaran terjadi di sebuah pabrik penyamakan kulit di Kemantren Kotagede, Jogja. Kebakaran tersebut menghanguskan satu ruang produksi di pabrik tersebut, dimana diduga penyebabnya hubungan arus pendek atau korsleting listrik.

Pabrik kulit yang terbakar tersebut dipadamkan oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Jogja, Kamis malam(7/9/2023) lalu. Damkarmat memadamkan kobaran api selama hampir dua jam.

Advertisement

Beruntung kobaran api dapat diminimalisir agar tidak menyebar luas ke area lain dalam pabrik tersebut.

Pelaksana Tugas Kepala Damkarmat Jogja Octo Noor Arafat menjelaskan mengerahkan tiga mobil pemadam kebakaran dan dua regu pemadam. “Beruntung kami dapat diatasi dengan seksama sehingga kebakaran tidak meluas ke area lain dalam pabrik itu, dan tidak merembet ke rumah warga sekitar situ,” ujar Octo, Jumat (8/9/2023) siang.

Area yang terbakar di pabrik kulit tersebut, kata Octo, seluas 75 meter persegi. “Tidak ada korban jiwa, hanya ada satu orang sesak nafas saat mencoba memadamkannya. Sudah membaik lagi kondisinya,” ujar dia.

BACA JUGA: Dua Kebakaran Terjadi di Bantul dalam Satu Hari

Octo menerangkan dugaan korsleting listrik mengemuka karena oven alat produksi pabrik kulit tersebut yang paling rusak. “Kerugian dari kebakaran ini masih ditaksir oleh pemiliknya sendiri, terjadi di ruang spray pabrik,” uangkapnya.

Damkarmat Jogja, lanjut Octo, menghimbau agar masyarakat dapat lebih berhati-hati di musim kemarau ini. “Kebakaran di musim kemarau memang lebih berpotensi, sehingga kami menghimbau agar lebih berhati-hati. Terutama soal peralatan listrik, tolong dicek kondisinya,” himbaunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Bakal Susun Kursi Menteri hingga 40, Gerindra Membantah

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement