Advertisement

21 Kapanewon Berstatus Awas Kekeringan Meteorologis, Ini Daftarnya

Newswire
Senin, 11 September 2023 - 13:17 WIB
Maya Herawati
21 Kapanewon Berstatus Awas Kekeringan Meteorologis, Ini Daftarnya Ilustrasi Kekeringan / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 21 kapanewon atau kecamatan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berstatus Awas kekeringan meteorologis. Peringatan dini ini dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).  

Menurut siaran pers Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta pada Senin (11/9/2023), berdasarkan hasil pemantauan curah hujan hingga 10 September 2023 wilayah yang berstatus awas kekeringan di antaranya Kapanewon Banguntapan, Bantul, Dlingo, Imogiri, Kasihan, Pundong, Sedayu, dan Sewon di Kabupaten Bantul.

Advertisement

Kapanewon Gedangsari, Girisubo, Karangmojo, Ngawen, Playen, Ponjong, dan Wonosari di Kabupaten Gunungkidul serta Kapanewon Berbah, Cangkringan, Depok, Gamping, Kalasan, dan Sleman di Kabupaten Sleman juga berstatus awas kekeringan.

"Wilayah yang berstatus awas tersebut mengalami hari tanpa hujan lebih dari 61 hari dengan prakiraan curah hujan rendah di bawah 20 mm per dasarian," kata Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta Reni Kraningtyas, Senin.

"Masyarakat serta pemerintah daerah setempat yang berada dalam wilayah peringatan dini untuk mengantisipasi dampak kekeringan meteorologis ini," katanya.

BACA JUGA: Tanah SG Seluas 1,5 Hektare di Bantul Terbakar, Polisi Dalami Pemicunya

Ia menjelaskan bahwa peringatan dini kekeringan meteorologis disampaikan berdasarkan berkurangnya curah hujan dari keadaan normal dalam jangka waktu yang panjang, mulai dari kurun bulanan.

Berdasarkan pantauan penurunan curah hujan, BMKG juga memetakan wilayah-wilayah yang statusnya siaga dan waspada kekeringan.

Wilayah yang tergolong berstatus siaga kekeringan karena mengalami hari tanpa hujan lebih dari 31 hari meliputi Kapanewon Nglipar, Semin, dan Tepus di Kabupaten Gunungkidul; Kapanewon Girimulyo di Kabupaten Kulon Progo; serta Kapanewon Ngemplak, Pakem, dan Turi di Kabupaten Sleman.

Selain itu, ada 23 kapanewon yang berstatus waspada kekeringan karena mengalami hari tanpa hujan lebih dari 21 hari dengan prakiraan curah hujan rendah, di bawah 20 mm per dasarian (sepuluh hari).

Wilayah yang statusnya waspada kekeringan yakni Kapanewon Bambanglipuro, Kretek, Pandak, dan Piyungan di Kabupaten Bantul; Kapanewon Galur, Kalibawang, Kokap, Lendah, Nanggulan, Panjatan, Samigaluh, Sentolo, dan Watesdi Kabupaten Kulon Progo; serta Kapanewon Minggir, Moyudan, Prambanan, Seyegan di Kabupaten Sleman.

Reni mengimbau warga yang tinggal di daerah berstatus awas, siaga, maupun waspada kekeringan melakukan langkah-langkah mitigasi untuk menghadapi kemungkinan terjadi penyusutan air tanah serta kebakaran hutan dan lahan.

Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana BPBD DIY Noviar Rahmad sebelumnya menyampaikan bahwa pemerintah daerah sudah menyiapkan bantuan air bersih untuk warga.

Menurut dia, Dinas Sosial sudah menyediakan bantuan air bersih sebanyak 236 tangki yang masing-masing 4.000 liter untuk membantu warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Presiden PKS Ahmad Syaikhu Diusulkan Jadi Cagub DKI Jakarta

News
| Sabtu, 27 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement