Advertisement

Terjadi 33 Gempa Guguran di Awal Pekan, Status Gunung Merapi Masih SIaga

Catur Dwi Janati
Senin, 11 September 2023 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Terjadi 33 Gempa Guguran di Awal Pekan, Status Gunung Merapi Masih SIaga Ilustrasi Gunung Merapi Jogja meluncurkan lava pijar. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sejumlah aktivitas vulkanis terpantau terjadi di Gunung Merapi pada awal pekan ini.

Tim Penyusun Laporan Aktivitas Gunung Merapi BPPTKG, Susanta melaporkan dari hasil pengamatan pukul 06.00-12.00 WIB, terjadi 33 gempa guguran dengan durasi 23,7-144,2 detik. Selain itu tercatat pula 24 gempa fase banyak dengan amplitudo 3-11 mm dan tiga gempa vulkanik dangkal dengan amplitudo 27-70 mm.

Advertisement

"Secara visual gunung [terlihat] jelas hingga kabut 0-III. Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis dan tinggi 25-50 meter di atas puncak kawah," terang Susanta dalam laporannya pada Senin (11/9/2023).

Secara meteorologi, cuaca di sekitar Gunung Merapi terpantau cerah dan berawan. Angin bertiup lemah ke arah timur dengan udara 21.8-24 derajat Celcius, kelembaban udara 51%-80,2% dan tekanan udara 837-917 mmHg.

Merujuk data-data yang ada, tingkat aktivitas Gunung Merapi masuk pada Level III atau siaga. Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor Selatan-Barat Daya meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal lima kilometer. Kemudian untuk Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal tujuh kilometer.

BACA JUGA: Aktivitas Merapi Masih Tinggi, Terjadi 118 Kali Guguran Lava dalam Sepekan

Pada sektor Tenggara meliputi Sungai Woro sejauh maksimal tiga kilometer dan Sungai Gendol lima kilometer. Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius tiga kilometer dari puncak," teranganya.

Masyarakat diminta agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya. Selain itu masyarakat juga diminta waspada untuk mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi serta mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Makan Siang Gratis Diharapkan Tidak Semua Dibiayai APBN

News
| Senin, 13 Mei 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Unik, Ada Lampu Bangjo Khusus Unta di Tengah Gurun Pasir

Wisata
| Sabtu, 11 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement