Advertisement

UAD dan Warga Buat Sabun dari Minyak Serai

Media Digital
Selasa, 12 September 2023 - 15:47 WIB
Ujang Hasanudin
UAD dan Warga Buat Sabun dari Minyak Serai Tim pengabdian Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melakukan praktek langsung penyulingan tanaman serai dan pembuatan sabun dari minyak serai. - Istimewa

Advertisement

BANTUL—Tim pengabdian Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melakukan praktek langsung penyulingan tanaman serai dan pembuatan sabun dari minyak serai di Perdukuhan Tulasan, Kalurahan Mulyodadi, Kapanewon Bambanglipuro, Bantul, Minggu (10/9/2023). Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari sosialisai pada pekan sebelumnya.

Kegiatan tersebut merupakan wujud kesinambungan tim pengabdian UAD dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan tersebut dilakukan di aula Perdukuhan Tulasan dengan dihadiri dari kelompok PKK dan KWT (Kelompok Wanita Tani) Perdukuhan Tulasan.

Advertisement

Kegiatan ini dikemas dalam dua sesi yang terdiri dari praktik penggunaan alat penyuling tanaman serai dan praktik pembuatan sabun menggunakan minyak serai. Rangkaian kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan pengabdian yang telah dilakukan pada minggu sebelumnya.

Praktik penggunaan alat penyulingan dan pembuatan sabun didampingi oleh Dr. Nurul Hidayah, S.Si selaku tim ahli bidang pangan kelompok pengabdian UAD. Pada sesi pertama, dilakukan penyulingan dengan bahan serai dapur sebanyak 7 kilogram. Sedangakan pada sesi selanjutnya, dilakukan praktik pembuatan sabun dengan menggunakan minyak serai hasil penyulingan.

BACA JUGA: UAD Sosialisasikan Pemanfaatan Hasil Pertanian Serai Bernilai Komersil

Dalam kegiatan ini PKK dan KWT mempraktikan langsung secara berkelompok petunjuk yang diberikan oleh pendamping UAD. Pada akhir sesi, tim pengabdian UAD bersama dengan warga dapat menghasilkan minyak serai dan mengolah menjadi produk sabun.

Disela-sela kegiatan, secara simbolis tim pengabdian UAD juga memberikan bantuan berupa bibit serai merah kepada ketua KWT padukuhan Tulasan.

"Kami berharap bantuan bibit ini bukan hanya sebagai material saja, akan tetapi dapat mengimplementasikan materi edukasi pertanian serai efektif melalui teknologi" kata Haris Imam KF selaku perwakilan tim pengabdian UAD

"Terimakasih tim pengabdian UAD untuk rangkaian acara di padukuhan Tulasan, baik dari sosialisasi maupun praktik hari ini. Semoga menjadi amal kebaikan dan dapat memberdayakan KWT dan PKK" ungkap Supiyah selaku ketua KWT padukuhan Tulasan.

Kegiatan tim pengabdian UAD dan masyarakat padukuhan Tulasan diakhiri dengan sesi foto bersama bersama produk sabun yang telah dihasilkan. Harapannya, masyarakat padukuhan Tulasan dapat memberdayakan secara mandiri memproduksi minyak serai hasil penyulingan dan sabun serai. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KNKT Turun Tangan Selidiki Penyebab Kecelakaan Bus Rombongan SMK Lingga Kencana Depok

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement