Advertisement

Kemarau Masih Panjang, Anggaran Dropping Air di Kapanewon Makin Menipis

David Kurniawan
Kamis, 14 September 2023 - 19:27 WIB
Ujang Hasanudin
Kemarau Masih Panjang, Anggaran Dropping Air di Kapanewon Makin Menipis Proses penyaluran air bersih di salah satu penampungan milik masyarakat di Kapanewon Girisubo. Foto diambil beberapa waktu lalu. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Penyaluran air bersih ke masyarakat hingga sekarang terus dilakukan. Namun demikian, anggaran di kapanewon mulai menipis karena dropping sudah dilakukan sejak Juni 2023. Sementara musim kemarau masih berlangsung dan diprediksi sampai awal 2024

Anggaran droping yang makin menipis terlihat di Kapanewon Tepus. Total hingga sekarang sudah menyalurkan air bersih ke masyarakat sebanyak 340 tangki.

Advertisement

Kepala Jawatan Sosial, Kapanewon Tepus, Joko Santoso mengatakan, wilayahnya masuk daerah rawan kekeringan saat kemarau. Oleh karenanya, setiap tahun mengalokasikan anggaran dropping air untuk membantu warga.

Di tahun ini, kapanewon menyediakan anggaran sebesar Rp76,5 juta. Jumlah tersebut untuk membantu masyarakat sebanyak 450 tangki.

Meski demikian, ia mengakui penyaluran yang dilaksanakan kapanewon hanya menyasar Kalurahan Tepus, Purwodadi dan Sidoharjo. Adapun untuk Kalurahan Giripanggung dan Sumberwungu, penyaluran dimintakan bantuan ke BPBD Gunungkidul.

“Dropping sudah kami lakukan sejak Juni dan hingga sekarang masih berlangsung,” kata Joko, Kamis (14/9/2023).

BACA JUGA: Status Kekeringan Beberapa Daerah Berstatus Awas, DKPP Bantul: Belum Ada Laporan Gagal Panen

Dia menjelaskan, hingga pertengahan September, penyaluran air bersih sudah mencapai 340 tangki. Hal ini berarti anggaran droping yang dimiliki semakin menipis karena sudah dipergunakan untuk operasional selama dropping.

“Tinggal sekitar 110 tangki dan diakhir Oktober sudah habis,” katanya.

Joko mengungkapkan, apabila dana dropping yang dimiliki habis, maka penyaluran air bersih akan mengajukan bantuan ke BPBD Gunungkidul. “Kami sudah tidak memiliki anggaran lagi. Jika habis, maka minta bantuan ke BPBD,” ungkap dia.

Kepala Jawatan Sosial, Kapanewon Girisubo, Paelan mengatakan, hingga pertengahan September sudah menyalurkan air bersih ke masyarakat sebanyak 210 tangki. Ia mengakui, untuk kuota memiliki alokasi sebanyak 510 tangki yang akan disalurkan di tahun ini.

“Jadi stoknya masih ada,” kata Paelan.

Meski demikian, ia mengungkapkan tidak seluruh kalurahan dicover oleh kapanewon. Pasalnya, Kapanewon Girisubo hanya menangani masalah kekeringan di Kalurahan Songbanyu, Jerukwudel, Tileng dan Pucung.

“Untuk Balong, Jepitu, Karangawen dan Nglindur, kami mintakan bantuan ke BPBD Gunungkidul,” katanya.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, BPBD Gunungkidul, Sumadi mengatakan, untuk dropping tidak hanya dilakukan BPBD, namun ada sebelas kapanewon yang juga memberikan bantuan ke masyarakat. “Untuk BPBD sudah menyalurkan 230 tangki. Kalau ditotal antara kapanewon dan BPBD, maka yang disalurkan masyarakat di kemarau tahun ini sudah mencapai sekitar 2.000 tangki,” katanya.

Sumadi mengakui, anggaran dropping di BPBD masih mencukupi karena ditahun ini menargetkan bantuan sebanyak 1.000 tangki. “Stok masih aman dan kalau habis, kami bisa menambahkan anggaran dengan mengakses alokasi Belanja Tak Terduga milik pemkab,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Puncak Musim Kemarau Diprediksi Juli-Agustus, Soal El Nino Ini Kata BMKG

News
| Sabtu, 27 April 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement