Advertisement

Wow! Hingga Awal September, Realisasi PAD Wisata Sleman Capai Rp231,9 Miliar

Jumali
Jum'at, 15 September 2023 - 09:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Wow! Hingga Awal September, Realisasi PAD Wisata Sleman Capai Rp231,9 Miliar Embung Kaliaji dengan latar Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. - Instagram @jogjaku

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sleman mencatat hingga 14 September 2023 terdapat total pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata mencapai Rp231,9 miliar.

Jumlah tersebut, setara dengan 76% dari target PAD wisata Kabupaten Sleman tahun 2023 yang dipatok Rp301,3 miliar.

Advertisement

"Pendapatan terbanyak disumbang oleh pajak hotel restoran maupun pajak hiburan memberikan kontribusi sebanyak 98,54 persen atau sebanyak Rp228,5 miliar. Sedangkan untuk retribusi ada Rp3,38 miliar," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Ishadi Zayid, Jumat (15/9/2023).

Sementara data di Dispar Sleman menyebutkan jika pada semester pertama ini kunjungan wisatawan Sleman nyaris mencapai angka empat juta wisatawan. Torehan ini melebihi angka 50 persen dari target kunjungan wisatawan yang ditetapkan pada 2023.

BACA JUGA: Viral Jembatan Akar di Seyegan Sleman Banyak Dikunjungi, Warganet Khawatirkan Kelestariannya

Menurut dia, dari total kunjungan tersebut, 62,21% wisatawan mengunjungi destinasi wisata budaya yang antara lain terdiri dari candi, museum, dan desa wisata yang ada.

"Sementara 29,55 persen mengunjungi destinasi wisata alam dan sisanya terlibat langsung dalam pelaksanaan festival dan/atau event yang ada di Kabupaten Sleman selama periode Januari-Juni 2023," katanya.

Ia mengatakan, dari jumlah tersebut, wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Sleman didominasi oleh wisatawan nusantara sebesar 98,80 persen atau sebanyak 3.903.588 kunjungan dan sisanya sebesar 1,2% adalah wisatawan mancanegara.

Ishadi mengatakan, pihaknya yakin bahwa target kunjungan dan PAD sektor pariwisata yang ditetapkan bisa tercapai, bahkan melampaui yang telah ditetapkan. "Hal ini tidak lepas dari beberapa kegiatan baik dalam skala lokal, nasional dan internasional masih akan berlangsung di wilayah Kabupaten Sleman," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Wacanakan Pembubaran Sejumlah Lembaga Negara, Demi Efisien Jalannya Pemerintahan

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Unik, Ada Lampu Bangjo Khusus Unta di Tengah Gurun Pasir

Wisata
| Sabtu, 11 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement