Advertisement

Warga Difabel Ikut Uji SIM Ramai-Ramai di Satlantas Jogja

Triyo Handoko
Sabtu, 16 September 2023 - 18:47 WIB
Maya Herawati
Warga Difabel Ikut Uji SIM Ramai-Ramai di Satlantas Jogja Surat Izin Mengemudi - ilustrasi - Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 28 difabel difasilitasi Satlantas Jogja untuk mengikuti ujian SIM pada Jumat (15/9/2023) lalu. Fasilitasi ini dimaksudkan untuk memberikan kesetaraan akses bagi kelompok retan untuk memperoleh SIM.

Kepala Satlantas Jogja AKP Maryanto menjelaskan 28 orang tersebut dari beragam difabel. “Ada yang tuna daksa, tuna rungu, tuna wicara hingga lainnya, semuanya difasilitasi sesuai kebutuhan masing-masing,” katanya, Sabtu (16/9/2023).

Advertisement

Maryanto menyebut meskipun melakukan fasilitasi bagi 28 difabel ini, Satlantas Jogja tetap mengikuti peraturan ujian SIM pada umumnya. “Seperti syarat tes kesehatan dan psikologi itu ada, mereka melakukan tesnya di RS Bhayangkara juga,” jelasnya.

Pengujian SIM juga dilakukan berdasarkan ketentuan yang ada, lanjut Maryanto, dimana diwali ujian teori lalu praktik. “Penyesuaiannya kami lakukan dengan penggolongan SIM yang diujikan, ada yang SIM D dan D1, SIM C juga ada. Semuanya disesuaikan dengan kebutuhannya,” katanya.

BACA JUGA: Mengintip 5 Kota di Prancis yang Jadi Incaran Wisatawan

SIM D dan D1, jelas Maryanto, untuk pengemudi yang menggunakan tambahan kereta di kendaraannya. “Kereta ini untuk menjaga keseimbangan kendaraan yang biasanya digunakan para difabel, modifikasi kendaraan ini untuk tujuan khusus yang SIM-nya D dan D1,” katanya.

Maryanto menyebut para difabel sangat antusias mengikuti ujian SIM tersebut. “Mereka ada yang membuat baru pertama kali, ada juga yang menghidupkan SIM yang sudah mati, semuanya kami fasilitasi,” ujarnya.

Fasilitas difabel dalam ujian SIM, sambung Maryanto, bagian dari komitmennya memberikan pelayanan yang setara. “Kami juga sangat mengapresiasi para difabel ini yang sudah bersedia mengikuti ujian SIM, ini bagian dari kepatuhan mereka. Kami harap masyarakat luas juga turut memenuhi peraturan lalu lintas yang ada,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PBB Tegaskan Serangan Darat Israel ke Rafah Tak Dapat Ditoleransi

News
| Selasa, 07 Mei 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement