Advertisement

Pimpinan Wilayah Muslimat NU DIY Menggelar Seminar dan Konferensi Wilayah ke-15

Media Digital
Sabtu, 16 September 2023 - 21:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Pimpinan Wilayah Muslimat NU DIY Menggelar Seminar dan Konferensi Wilayah ke-15 Pimpinan Wilayah Muslimat NU DIY Menggelar Seminar dan Konferensi Wilayah ke-15, sejak Sabtu (16/9/2023)-Minggu (16/9/2023) di BBPPMDTT) DIY, di Jalan Parasamya No. 16 Beran Kidul, Tridadi, Sleman. Ist - pwmuslimat

Advertisement

JOGJA—Pimpinan Wilayah Muslimat NU DIY menggelar Seminar dan Konferensi Wilayah yang ke-15, di Gedung Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (BBPPMDTT) DIY, di Jalan Parasamya No. 16 Beran Kidul, Tridadi, Sleman.

Konferensi berlangsung selama dua hari, sejak Sabtu (16/9/2023) pagi pukul 08.00 WIB dan akan berakhir pada hari Ahad (16/9/2023) siang pukul 12.30 WIB. Kegiatan mengusung tema “Muslimat NU Meneguhkan Peradaban, Merawat Keberagaman”.

Advertisement

Ketua PW Muslimat NU DIY Dra. Hj. Luthvia Dewi Malik mengatakan tema tersebut dipilih karena dinilai sangat tepat berkenaan dengan konteks masa sekarang, ketika dunia Islam sedang mengalami guncangan secara nilai.

"Islam lebih sering ditampilkan dalam wajah kekerasan dan anti keberagaman. Hal itu banyak dipertontonkan di banyak media oleh kelompok-kelompok yang selalu merepresentasikan Islam, namun justru bertolak belakang dengan karakter Islam itu sendiri yang seharusnya berwajah rahmatan lil ‘alamin," kata Luthvia, di sela kegiatan.

Oleh karena itu, katanya, Muslimat NU sebagai salah satu Badan Otonom Jam’iyyah besar Nadlatul Ulama perlu memantapkan kembali perannya dalam merawat keberagaman guna meneguhkan peradaban dengan nilai-nilai islam Aswaja An-Nahdliyah yang bercirikan rahmatan lil ‘alamin tersebut.

BACA JUGA: Reaktivasi Kereta Jogja-Borobudur Diganti BRT, Paguyuban Angkutan Wisata Jogja Pertanyakan Ini

Dalam rangka menyemarakkan kegiatan konferensi, PW Muslimat NU DIY telah mengadakan serangkaian kegiatan pra-konferensi yang sudah berlangsung sejak pertengahan bulan Maret 2023. Serangkaian kegiatan tersebut di antaranya, pemberian santunan kepada yatim piatu, berupa pemberian sembako, buka puasa bersama dan saur bersama di Yapitu Krapyak pada tanggal 17 Maret 2023.

Ada juga, kegiatan Bakti Sosial di Kabupaten Bantul, di tiga kecamatan meliputi Piyungan, Imogiri, dan Sedayu pada tanggal 29 Maret 2023. Selanjutnya, kegiatan Mborong Dagangan Lansia di Sleman dan Bantul. Dalam hal ini PW Muslimat NU DIY bekerjasama dengan LAZIZNU.

Selain itu, kegiatan pembagian 100 paket peralatan sekolah yang tersebar di DIY Pada tanggal 15 April, Anjangsana ke Tokoh-tokoh NU pada tanggal 13 dan 13 Mei, Workshop Kurikulium Merdeka pada tanggal 5 dan 9 Agustus, di STIE Widya Wiwaha.

Di hari pelaksanaan Konferensi, 16 September Muslimat NU DIY masih menambahkan dua kegiatan lagi, yaitu penganugerahan Ibu Pejuang PAUD Muslimat NU dan pelantikan Bersama 4 PCMNU Kabupaten/Kota, yakni Kulonprogo, Gunungkidul, Sleman, dan Kota Yogyakarta.

Seminar dan Konferensi Wilayah Muslimat NU DIY berlangsung selama dua hari tersebut, diawali dengan acara pembukaan pada pukul 08.00 WIB, yang akan dihadiri oleh Ketua PP Muslimat NU dari Jakarta, Ketua PWNU DIY, Gubernur DIY, dan para undangan yang lain.

Konferensi diikuti 5 pimpinan cabang di tingkat kabupaten dan kota se-DIY, yakni, PC Muslimat NU Sleman, PC Muslimat NU Kulon Progo, PC Muslimat NU Bantul, PC Muslimat NU Gunung Kidul, dan PC Muslimat NU Kota Yogyakarta.

Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan seminar yang materinya mengacu kepada tema besar konferensi. Dr. KH. Hilmy Muhammad membuka konferensi sebagai Keynote Speaker, setelah itu dilanjutkan penyampaian materi oleh dan 4 narasumber, yaitu Dr. KH. Zuhdi Muhdlor, Dr. KH Fahmi Akbar Idris, dan Dr, Hj. Siti Maryam, M.Ag. dan satu narasumber dari PP Muslimat NU.

Seusai acara seminar dilanjutkan dengan Sidang-sidang pleno dan pandangan umum hingga selesai pada pukul 22.20. Pada pagi harinya baru dilanjutkan dengan sidang-sidang komisi dan diakhiri dengan Sidang pleno terakhir. Setelah pengurus lama demisioner dilanjutkan dengan puncak acara konferensi yaitu pemilihan Ketua baru PW Muslimat NU DIY.

Setelah itu seluruh rangkaian acara akan diakhiri dengan pemberian kata sambutan oleh ketua terpilih. Dengan terpilihnya ketua baru maka seluruh rangkaian acara Konferensi Wilayah PW Muslimat NU DIY akan paripurna pada pukul 12.30.WIB dan dipungkasi dengan acara penutupan. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bisnis Data Center NeutraDC Hadir Sebagai Penyedia AI Enabler di Indonesia Cloud & Datacenter Convention 2024

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement