Advertisement

45 Lurah se-Kota Jogja Akan Tampil dalam Peragaan Busana, Promosikan Batik Lokal

Triyo Handoko
Senin, 18 September 2023 - 17:57 WIB
Arief Junianto
45 Lurah se-Kota Jogja Akan Tampil dalam Peragaan Busana, Promosikan Batik Lokal Suasana penyampaianteknis penyelenggaraan kegiatan gelar peraga busana batik yang akan diikuti seluruh lurah di Jogja, Senin (18/9/2023). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 45 lurah di seluruh Kota Jogja akan mengikuti gelaran fashion show di Gedung PDIN, Jogja, Senin (2/10/2023) mendatang. Peragaan busana itu dimaksudkan untuk merayakan Hari Batik juga mempromosikan warisan budaya yang sudah diakui UNESCO itu.

Gelaran perayaan Hari Batik itu diinisiasi Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Jogja dan Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UKM (Dinkop UKM) Jogja. Tak hanya peraga busana dengan peserta para lurah, perayaan ini juga mengadakan kegiatan lain seperti lomba desain batik.

Advertisement

“Lomba desain baju batik ini diikuti siswa SMA sederajat, tujuannya untuk meregenerasi para pembatik di Kota Jogja agar batik ini terus dilestarikan. Selain itu juga agar semakin meningkatkan potensi nilai batik,” kata Pengurus Dekranas Jogja, Endang Wahyuningsih, Senin (18/9/2023).

BACA JUGA: Fashion Show Batik Digelar di Pantai Sepanjang 3-4 Juni 2023

Wahyu yang juga ahli analis kebijakan Dinkop UKM Jogja ini yang  teknis penyelenggaraan gelas busana batik dengan peserta para lurah ini menyampaikan batik mesti terus dilestarikan dan dikembangkan di Kota Jogja. “Pengembangan batik ini kami harapkan agar juga dapat mengungkit perekonomian para pelakunya industrinya yang kebanyakan tergolong UKM di Jogja,” paparnya.

Program perayaan Hari Batik, lanjut Endang, juga dimaksudkan untuk mempromosikan produk batik dari UKM Kota Jogja karena disediakan ruang pameran produk batik saat kegiatan berlangsung. “Ada puluhan UKM batik yang juga memamerkan hasil produknya, ruang ini kami maksudkan untuk mendongkrak promosi produk lokasi,” terangnya.

Sementara itu Lurah Mantrijeron, Bambang Purambono mengaku antusias dengan kegiatan tersebut. “Tentu kan mengikuti dan mempersiapkannya dengan baik karena tujuannya juga baik untuk melestarikan batik dan meningkatkan promosi batik lokal,” ujarnya.

Bambang menyebut terdapat pembatik lokal di Kelurahan Mantrijeron yang difasilitasi untuk memamerkan produknya pada gelaran tersebut. “Tentu kami sangat mengapresiasi kegiatan ini karena mendongkrak ekonomi warga kami yang kebanyakan UKM,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024 Usai, Anis Ajak Masyarakat Aceh Lanjutkan Perjuangan Perubahan

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement