Advertisement

Bupati Gunungkidul Sidak Gudang Pupuk Bersubsidi Wonosari, Begini Hasilnya

David Kurniawan
Senin, 18 September 2023 - 14:37 WIB
Arief Junianto
Bupati Gunungkidul Sidak Gudang Pupuk Bersubsidi Wonosari, Begini Hasilnya Bupati Gunungkidul Sunaryanta melihat proses penurunan pupuk untuk disimpan di gudang di Dusun Jeruksari, Wonosari. Senin (18/9/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Bupati Gunungkidul, Sunaryanta melakukan sidak ke gudang pupuk di Kalurahan Wonosari, Wonosari Senin (18/9/2023). Sidak itu dilakukan untuk memastikan stok pupuk bersubsidi bagi para petani aman. 

“Peninjauan ke Gudang sebagai upaya memastikan stok aman. Hasil sidak setiap minggunya ada kiriman sebanyak 1.000 ton sehingga kesediaan stok melimpah,” kata Sunaryanta saat meninjau gudang penyimpanan di Dusun Jeruksari, Wonosari, Senin siang.

Advertisement

Dia berharap pupuk bersubsidi dapat tersalurkan ke masyarakat secara efektif dan tepat sasaran. Oleh karenanya, untuk mengurangi risiko penumpukan maupun antrean panjang dalam penebusan, Sunaryanta meminta segera didistribusikan ke petani di Bumi Handayani.

“Biasanya peningkatan permintaan akan terlihat pada saat awal musim penghujan. Demi kelancaran dalam penyaluran, harapannya bisa mulai disalurkan dari sekarang,” kata pensiunan TNI Angkatan Darat ini.

BACA JUGA: Penyaluran Pupuk Bersubsidi di Gunungkidul Masih Rendah

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Rismiyadi mengatakan, ada dua jenis pupuk bersubsidi yang diberikan ke petani di Gunungkidul. Tahun ini, pentani mendapatkan jatah Urea sebanyak 23.354 ton, tetapi penyalurannya baru sekitar 5.541,5 ton atau terserap 24%.

Ia tidak menampik penyerapan pupuk di Gunungkidul belum maksimal. Kondisi yang sama juga terlihat pada pupuk bersubsidi jenis NPK atau phonska.

Tahun ini mendapatkan alokasi sebanyak 12.102 ton, tapi baru tersalurkan ke petani sebanyak 3.990,56 ton, atau terserap 33%. “Sidak pengecekan pupuk tidak hanya dilakukan di Gudang Jeruksari, tapi juga dilaksanakan di Gudang Semanu,” katanya.

Rismiyadi mengatakan, penyerapan pupuk bersubsidi di Gunungkidul berbeda dengan daerah lain di DIY seperti di Bantul dan Sleman. Kondisi ini tak lepas dari pola tanam yang bergantung dengan musim hujan.

“Kalau daerah lain dengan sistem irigasi yang ada, maka masa tanam tak berpengaruh dengan musim. Tapi, untuk Gunungkidul sangat bergantung karena mayoritas sawah yang ada merupakan tadah hujan,” katanya.

Penanaman yang bergantung dengan musim hujan, maka berdampak terhadap pengambilan pupuk bersubsidi oleh petani. Pasalnya, pupuk-pupuk ini baru diambil saat awal musim hujan mulai September atau Oktober.

“Daerah lain di triwulan pertama dan kedua sudah bisa ambil, tapi di Gunungkidul baru mulai di triwulan ketiga. Jadi, akan berpengaruh terhadap penyerapan pada saat sekarang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kasus Covid-19 di Singapura Meningkat 2 Kali Lipat dalam Sepekan

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement