Advertisement

Dampak Kemarau Kian Parah, Sungai Oya di Gunungkidul Kering Kerontang

David Kurniawan
Selasa, 19 September 2023 - 17:17 WIB
Sunartono
Dampak Kemarau Kian Parah, Sungai Oya di Gunungkidul Kering Kerontang Kondisi kedung di salah satu aliran Kali Oya yang mengering di Dusun Keringan Kidul, Bulurejo, Semin. Selasa (19/9/2023). Harian Jogja - David Kurniawan 

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Musim kemarau tidak hanya berdampak terhadap berkurangnya stok air bersih yang dimiliki warga. Namun, juga berdampak terhadap debit air di aliran Kali Oya di Gunungkidul.

Kali ini merupakan sungai terbesar di Gunungkidul. Alirannya membentang dari perbukitan Gunung Gajah Mungkur di wilayah Wonogiri, Jawa Tengah kemudian membelah dari Kapanewon Semin, Ngawen, Nglipar, Patuk, Playen hingga bermuara di wilayah Bantul.

Advertisement

Di musim kemarau, debit air di Kali Oya menyusut drastis. Bahkan di bantaran kali di Dusun Keringan Kidul, Bulurejo, Semin sampai mengering tidak ada airnya.

BACA JUGA : Dampak Kemarau Panjang, 33 Kecamatan di DIY Berpotensi Kesulitan Air Bersih

Kepala Dusun Keringan Kidul, Bigmen Pangestu mengatakan, fenomena aliran Kali Oya di wilayahnya mengering saat kemarau bukan hal yang baru. Pasalnya, kondisi ini terjadi hampir terjadi setiap tahunnya.

“Kalau musim kemarau, alirannya berhenti. Bahkan ada yang benar-benar mengering dan tinggal menyisakan kubangan-kubangan kecil,” kata Bigmen, Selasa (19/9/2023).

Dia menjelaskan, ada beberapa penyebab membuat aliran Kali Oya di wilayahnya mengering. Faktor pertama di sekitar aliran tidak ada sumber yang besar sehingga saat kemarau berpengaruh terhadap debit yang menyusut secara drastic.

Di sisi lain, di sepanjang aliran ada beberapa kedung dengan debit air yang banyak. Namun, keberadaan kedung dimanfaatkan warga untuk pemeliharaan pertanian seperti jagung, kacang, kedelai dan lain sebagainya.

“Jadi air di kedung disedot kemudian dialirkan ke ladang atau sawah untuk merawat tanaman milik petani,” katanya.

Menurut Bigmen, mengeringnya Kali Oya hanya sementara karena saat penghujan akan Kembali mengalir.  “Ya kalau hujan nanti airnya naik lagi,” katanya.

Salah seorang warga Keringan Kidul, Suparno mengatakan, mengeringnya Kali Oya tidak berpengaruh terhadap kebutuhan air untuk warga. Menurut dia, kebutuhan masih bisa terpenuhi karena sumur-sumur yang dimiliki tidak sampai mengering.

BACA JUGA : Antisipasi Dampak Kemarau di Sektor Peternakan dan Perikanan, Ini Langkah DP3 Sleman

“Untuk kebutuhan sehari-hari memang tidak masalah. Tapi, untuk Bertani banyak yang menyedot air di Kali Oya agar tanaman bisa tetap hidup,” katanya.

Suparno berharap agar musim kemarau segera berlalu sehingga kebutuhan air di Masyarakat bisa tetap terjaga. “Mudah-mudahan bisa segera hujan,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Golkar Targetkan Kemenangan Pilkada 2024 di Atas 70%

News
| Sabtu, 27 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement