Advertisement

Gelas Berlian Si Nuri, Wadah Lansia agar Berdaya

Media Digital
Kamis, 21 September 2023 - 18:57 WIB
Arief Junianto
Gelas Berlian Si Nuri, Wadah Lansia agar Berdaya Talkshow Rembag Kaistimewan bertajuk Gelas Berlian Si Nuri yang diselenggarakan Paniradya KaistimewanDIY, Kamis (21/9 - 2023).

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Paniradya Kaistimewan DIY mendukung upaya pemberdayaan lansia melalui program Gelas Berlian Si Nuri. Program ini berasal dari inisiasi Puskesmas Semanu 2 yang melihat tingginya fenomena lansia yang gantung diri.

Inisiator Gelas Berlian Si Nuri, Istiqomah Nurhayati menuturkan bahwa inovasi ini berasal dari masalah sosial di Gunungkidul yaitu bunuh diri. Data tahun 2010-2018, tercatat ada 12 kematian bunuh diri di Gunungkidul dan didominasi warga lansia.

Advertisement

Akar masalah ini, menurut Istiqomah, berasal dari banyak lansia yang merasa kesepian karena ditinggal anak-cucunya bekerja dan hidup sendiri. Belum lagi, mereka dilingkupi oleh masalah sosial, ekonomi, dan juga kesehatan, yang mempengaruhi kesehatan mentalnya.

“Dari situ kami berpikir untuk bikin sesuatu agar kami bisa mendampingi lansia, tak hanya di dalam gedung tapi juga di luar gedung, agar kesehatan fisik dan mental lansia itu bisa baik,” kata Istiqomah dalam Rembag Kaistimewan dengan tema Gelas Berlian Si Nuri yang digelar secara daring, Kamis (21/9/2023).

BACA JUGA: Informasi Tentang Dana Keistimewaan Bisa Diakses di Semua Platform Digital

Lewat program Gelas Berlian Si Nuri, lansia di Semanu diberikan pendampingan seperti screening, pemeriksaan dan kegiatan yang membuat warga lansia bisa berdaya, punya motivasi sehat, dan tetap bahagia meskipun tidak ada anak yang menemani di rumah. Terlebih, kegiatan ini dilaksanakan secara periodik dan mengumpulkan sejumlah lansia sehingga para lansia bisa merasa memiliki teman bermain yang sebaya.

Kepala Bidang KPTR Paniradya Kaistimewan DIY, Tri Agus Nugroho, menuturkan Paniradya Kaistimewan mendukung kegiatan Gelas Berlian Si Nuri sebagai inovasi layanan publik.

"Jadi Dana Keistimewaan [Danais] ini masuk di ranah kelembagaan, di dalam program aktivitas di 2023 ada namanya inovasi layanan publik. Kami memberi kesempatan kepada OPD yang berinovasi untuk layanan publik. Di Semanu, Bu Isti melihat ada prevalensi angka bunuh diri, ini hal yang tidak biasa karena biasanya puskesmas hanya mengobati orang sakit saja, tetapi puskesmas ini bisa perhatian terhadap aspek sosial dan rohani," ujarnya.

Saat ini, kegiatan Gelas Berlian Si Nuri saat ini sudah menyasar 12 padukuhan dari 48 pedukuhan di Semanu. Dia menargetkan tahun depan akan menambah 10 pedukuhan yang disasar dan harapannya semua pedukuhan akan berkesempatan mendapatkan program ini.

Fasilitator outbound program ini, Ahmad Nurhuda menerangkan bahwa kegiatan ini ditujukan untuk membahagiakan para lansia. Untuk itu, kegiatan outbound yang dilakukan bukan kegiatan berat yang melelahkan, namun yang bisa membawa para lansia kembali ke masa kecil.

“Prinsip kami bahagia membahagiakan. Jadi bagaimana agar lansia bahagia dengan kegiatan yang ringan, lansia dikembalikan ke masa anak-anak dengan bermain dan bernyanyi, jadi fun games dan ice breaking,” kata Ahmad. 

Salah satu lansia yang mengikuti program ini, Sutami, menuturkan bahwa program ini membuatnya memiliki wadah bermain bersama teman sebaya. Sebab selama ini ia lebih banyak melamun di rumah karena tidak ditunggu anak-cucunya yang semua kerja di luar kota.

“Akhirnya dengan program ini merasa senang bisa ketawa dengan teman-teman sebaya. Semua kegiatan itu bikin seneng simbah. Paling senang ketika outbond tepuk-tepuk tangan dan kumpul sama teman-teman,” urainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gabung Afsel, Turki Ajukan Kejahatan Genosida Israel ke Mahkamah Internasional

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement