Advertisement

Dorong Penguatan Pancasila di Kota Jogja, Jaga Warga Dibekali HT

Triyo Handoko
Jum'at, 22 September 2023 - 07:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Dorong Penguatan Pancasila di Kota Jogja, Jaga Warga Dibekali HT Suasana diskusi penguatan ideologi Pancasila dengan Jaga Warga yang diselenggarakan sebelum pemberian HT di Kelurahan Brontokusuman, Kamis (21/9 - 2023).

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Penguatan program Jaga Warga oleh Pemda DIY terus dilakukan, terbaru dilakukan pembagian handy talky (HT) di enam kampung Kelurahan Brontokusuman, Jogja.

Keenam kampung dengan kelompok Jaga Warga yang diberikan fasilitas HT itu adalah Kampung Timuran, Kampung Prawirotaman, Kampung Karangkajen, Kampung Karanganyar, Kampung Brontokusuman dan Kampung Lowanu. Pemberian dilakukan Satpol PP DIY dimana didanai oleh Dana Keistimewaan.

Advertisement

Selain memberikan HT, kegiatan tersebut juga dilakukan sosilisasi dengan narasumber Sekretaris Satpol PP DIY Arif Rachman Hakim dan Paniradya Pati Kaistimewan Aris Eko Nugroho. Keduanya menyampikan peran strategis Jaga Warga dalam menguatkan ideologi Pancasila di tengah masyarakat.

BACA JUGA: Komitmen Jaga Warga Mewujudkan Pemilu 2024 Berjalan Damai dan Kondusif

Satpol PP DIY, jelas Arif, menjelaskan Jaga Warga adalah bentuk langsung dari penerapan nilai-nilai Pancasila. “Dalam Jaga Warga berbagai nilai Pancasila terkandung dalam semangat hingga kegiatan-kegiatan Jaga Warga, sehingga ini penting untuk terus dipelihara bersama dan dikuatkan lagi Jaga Warga yang sudah terbentuk,” jelasnya, Kamis (21/9/2023).

Arif menyebut dalam Jaga Warga mencerminkan semangat gotong royong bersama dalam mewujudkan lingkungan yang aman, nyaman, dan tentram. “Gotong royong itu jadi kunci kesuksesan Jaga Warga, tanpa keguyuban dalam gotong royong tentu sulit menjalankan Jaga Warga. Sedangkan gotong royong sendiri adalah saripati Pancasila,” paparnya.

Pemberian HT kepada pengurus Jaga Warga, lanjut Arif, juga bertujuan menguatkan salah satu program Keistimewaan DIY tersebut. “Kami memfasilitasi HT sebagai langkah untuk menguatkan Jaga Warga terutama dalam membangun komunikasi. Kalau komunikasi lancar, tentu mewujudkan kekompakan dapat dilakukan sehingga berbagai kegiatan dalam dilaksanakan dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Aris menjelaskan Jaga Warga adalah bentuk dari Keistimewaan DIY yang sejalan dengan penguatan Pancasila di dalam kehidupan masyarakat Jogja. “Penguatan Pancasila juga terus kami lakukan karena sejalan dengan nilai-nilai Keistimewaan DIY, berbagai hal sudah kami lakukan dengan melakukan edukasi melalui produksi film, di sektor pendidikan juga sedang diselesaikan program Pendidikan Khas Jogja,” tuturnya.

Pemda DIY, lanjut Aris, terus melakukan berbagai inovasi dalam menguatkan program-program Keistimewaan DIY yang diharapkan berdampak positif ke masyarakat luas. “Upaya ini terus dilakukan dengan fasilitasi Dana Keistimewaan, berbagai sektor terus dikuatkan termasuk sektor kemasyarakatan agar tercipta kehidupan yang aman dan nyaman,” terangnya.

BACA JUGA: Kuatkan Jaga Warga di Kawasan Pesisir Bantul, Satpol PP DIY Bagikan Rompi

Aris juga mendorong masyarakat agar berpartisipasi dalam program-program yang sudah disediakan Pemda DIY untuk makin berkembang bersama. “Teramsuk Jaga Warga ini mesti dimanfaatkan dengan baik, dan juga program lainnya. Bahkan kami juga menerima masukan apa yang mesti diperbaiki, semuanya semata-mata untuk masyarakat bersama,” katanya.

Salah satu pengurus Jaga Warga di Kelurahan Brontokusuman, Suwandi mengapresiasi pemberian HT tersebut. “HT ini akan dimanfaatkan untuk meakin menggiatkan program Jaga Warga agar tercipta lingkungan yang aman dan nyaman,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Arab Saudi Tangkap Warganya yang Bicarakan Perang Hamas-Israel di Media Sosial

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement