Advertisement

37 OPD Pemda DIY Bakal Ramaikan Kompetisi Gobak Sodor

Sunartono
Sabtu, 23 September 2023 - 08:27 WIB
Sunartono
37 OPD Pemda DIY Bakal Ramaikan Kompetisi Gobak Sodor Pamflet informasi terkait lomba permainana Gobak Sodor. - Instagram.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 37 organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemda DIY bakal mengikuti kompetisi permainan tradisional Gobak Sodor pada Senin (25/9/2023) hingga Selasa (26/9/2023) di GOR Among Rogo.

Kompetisi bertajuk Ngleluri Kabudayan Lumantar Olahraga Tradisional itu digelar setelah Gobak Sodor ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda (WBTB) milik DIY.

Advertisement

Kepala Seksi Adat dan Tradisi Dinas Kebudayaan DIY Isna Elvianti menjelaskan Dinas Kebudayaan DIY menggelar kompetisi Gobak Sodor pertama kalinya melalui kerja sama dengan  Komite Permainan Olahraga Tradisional Indonesia atau (KPOTI) DIY. Pemilihan Gobak Sodor karena permainan tradisional ini telah mendapatkan sertifikasi sebagai WBTB dari Kemendikbud Ristek.

BACA JUGA : Pendidikan Karakter Lewat Gobak Sodor

“Maka tahun ini kami mencoba menggelar loma Gobak Sodor antar OPD yang dari 39 OPD di lingkungan Pemda DIY ini ada 37 yang memgikuti, hanya dua instansi yang tidak bisa ikut karena keterbatasan SDM,” katanya, Jumat (23/9/2023).

Kegiatan itu digelar untuk melestarikan permainan tradisional Gobak Sodor dengan dimulai dari aparatur pemerintahan di lingkungan Pemda DIY. Melalui kegiatan tersebut harapannya ke depan permainan tradisional ini semakin mem bumi di tengah masyarakat.

“Rencana pembukaan akan dibuka oleh Sekda DIY dengan dihadiri seluruh kepala OPD di lingkungan Pemda DIY dengan dimulai defile kontingen setiap OPD dan dimeriahkan atraksi Angguk Sri Panglaras,” ujarnya.

BACA JUGA : Tahun Ini, Bantul Jadi Tuan Rumah Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional

Ia mengungkap semangat para peserta untuk mengikuti lomba Gobak Sodor cukup tinggi. Kontingen setiap OPD pun banyak yang bersemangat dengan menggelar latihan. “Mudah-mudahan semangat ini bisa ditularkan kepada seluruh masyarakat terutama anak muda, sehingga Gobak Sodor ini tetap lestari,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus, Operasional KRL Jogja Solo Ditambah Jadi 30 Perjalanan

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement