Advertisement

Unik! Anak Sapi Berkaki 2 di Semin Gunungkidul, Bikin Geger Warga

David Kurniawan
Minggu, 24 September 2023 - 11:07 WIB
Sunartono
Unik! Anak Sapi Berkaki 2 di Semin Gunungkidul, Bikin Geger Warga Kondisi anakan sapi berkaki dua di Padukuhan Keringan Kidul, Bulurejo, Semin. Minggu (24/9/2023). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Warga Padukuhan Keringan Kidul, Bulurejo, Semin, Gunungkidul dihebohkan dengan kelahiran anakan sapi berkaki dua. Hingga sekarang dalam kondisi sehat, meski tidak bisa berdiri layaknya anakan sapi lainnya.

Lazimnya sapi memiliki empat kaki. Namun hal berbeda ditunjukan sapi anakan milik Yusuf Saputro, hanya memiliki dua kaki di bagian belakang. Sejak kelahirannya sebelas hari yang lalu, anakan jenis Simetal ini hanya terduduk dan untuk berdiri harus dibantu pemiliknya.

Advertisement

“Kakinya cuman dua berada di belakang. Sedang di bagian depan tidak ada sama sekali. Kalau normal harusnya di bagian depan dan belakang ada kakinya,” kata Yusuf kepada wartawan, Minggu (24/9/2023).

BACA JUGA : Cerita Penghuni Terakhir Bukit Kembang Gunungkidul: Tiap Hari Didatangi Kawanan Monyet, Waswas Didatangi Macan

Menurut dia, pada saat kebuntingan tidak ada yang aneh karena indukan dalam kondisi normal. Anakan sapi berkaki dua baru diketahui setelah kelahiran dan terlihat tidak bisa berdiri.

“Setelah lahir hanya duduk terus. Pada saat dicek ternyata kakinya hanya dua,” katanya.

Yusuf mengakui, meski sapi yang dimiliki tidak normal, namun tetap memeliharanya sampai kapan pun. “Kondisinya sehat dan tetap bisa makan seperti layaknya anakan sapi lain. Namun untuk pertumbuhan, saya bantu dengan memberikan asupan susu ternak,” katanya.

Dukuh Keringan Kidul, Bigmen Pangestu membenarkan adanya peristiwa unik di wilayahnya, yakni kelahiran sapi berkaki dua. Ia mengakui, fenomena ini menjadi yang pertama kalinya karena umumnya anakan dapat terlahir secara normal.

BACA JUGA : Kisah Peternak Sleman Merawat Sapi Black Boss hingga Terpilih Jadi Hewan Kurban Presiden Jokowi

“Anakan sapi milik Yusuf tidak normal karena hanya memiliki dua kaki,” kata Bigmen.

Fenomena sapi berkaki dua ini sempat menjadi perhatian warga karena penasaran. “Mungkin ingin tahu bentuknya seperti apa sehingga menyempatkan diri untuk melihat, terutama warga sekitar karena selama ini jarang ditemukan seperti itu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

143 Negara Mendukung Palestina jadi Anggota Penuh PBB, 9 Menolak dan 25 Abstain

News
| Sabtu, 11 Mei 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement