Advertisement

Tingkatkan Keterampilan, Crew AmbulanMu Dibekali Pelatihan BHD di RS PKU Gamping

Abdul Hamied Razak
Senin, 25 September 2023 - 04:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Tingkatkan Keterampilan, Crew AmbulanMu Dibekali Pelatihan BHD di RS PKU Gamping Seratus pengemudi dan crew mobil ambulanMu se Sleman mengikuti Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) di RS PKU Gamping, Sabtu (24/9 - 2023).

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Seratus pengemudi dan crew mobil ambulanMu se Sleman mengikuti Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) di RS PKU Gamping, Sabtu (24/9/2023).

Direktur Utama RS PKU Muhammadiyah Gamping Ahmad Faesol mengatakan pelatihan tersebut bertujuan untuk memberikan bantuan kepada pasien yang membutuhkan. Alasannya, sukses tidaknya pelayanan di rumah sakit juga dipengaruhi oleh kepiawan dan keterampilan crew AmbulanMu sehingga para crew dibekali dengan BHD.

Advertisement

"Jadi crew AmbulanMu perlu dibekali dengan penanganan awal terutama saat menangani kasus emergency. Harapannya dengan crew AmbulanMu yang terampil bisa mengurangi penderitaan pasien dan mengurangi resiko pemberatan pasien ketika sampai di rumah sakit sehingga pasien bisa tertolong dengan maksimal," kata Faesol di sela kegiatan.

BACA JUGA: Ekonominya Meningkat, 6 Warga Tak Lagi Masuk dalam Daftar Penerima PKH

Menurut Faesol, kapasitas SDM crew AmbulanMu memang perlu terus ditingkatkan agar kemampuan pengetahuan dan keterampilannya terus meningkat. Kapasitas crew AmbulanMu juga perlu ditunjang dengan fasilitas yang mumpuni. Selain itu, sistem juga harus disiapkan dengan sebaik-baiknya untuk mendukung operasional dari pelayanan AmbulanMu.

"Kami sedang melakukan kolaborasi sistem AmbulanMu layaknya sistem transportasi online. Sistem ini sedang direncanakan, aplikasinya disiapkan sebelum nanti diterapkan. Sementara ini untuk pelayanan kami baru menggunakan sistem call center. Sinergi kami dengan AmbulanMu senantiasa terus ditingkatkan dalam berkhidmat untuk kemanusiaan," katanya.

Peserta pelatihan BHD pemula ini diberkali dengan kemampuan teknik-teknik dasar BHD seperti CPR (Cardiopulmonary Resuscitation), penanganan luka, dan tindakan pertama pada kecelakaan. Para crew AmbulanMu juga diberi pengetahuan soal Sistem penanggulangan Gawat Darurat Terpadu.

"Tentu harapannya agar para peserta dapat menguasai keterampilan BHD ini dengan baik sehingga dapat memberikan bantuan yang cepat dan tepat saat dibutuhkan," ungkap pemateri gawat darurat kekinian disampaikan oleh dokter Eka Yoga Wiratama.

Sekretaris Forum Pengelola AmbulanMu Kabupaten Sleman Juang Muhammad mengarakan saat ini ada sekitar 100 crew dengan 20 unit mobil Ambulan di wilayah Sleman. Pelatihan BHD tersebut, lanjutnya, dilakukan untuk memperkuat kapasitas para crew AmbulanMu.

Pelatihan BHD tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan para crew AmbulanMu kepada masyarakat. "Kami sering memberikan pelatihan kepada crew seperti pelatihan P3K. Kalau pelatihan BHD ini lebih spesifik untuk bantuan hidup atau kasus emergency," katanya.

Dia mengakui jika kapasitas SDM AmbulanMu harus diterus ditingkatkan karena kapasitas relawan berbeda-beda. Hal itu yang mendorong AmbulanMu untuk perlu terus melatih dan membekali para crew AmbulanMu dengan pengetahuan. Pelatihan tersebut juga diharapkan dapat diberikan secara berkelanjutan.

Setelah semua pemahaman pada crew dapat diseragamkan, lanjutnya, ia berharap para Crew AmbulanMu juga mengikuti uji kompetensi dan sertifikasi agar para crew sampai tingkat profesional. "Kami sering berada di garis depan dalam kondisi darurat sehingga pelatihan ini akan membantu kami dalam memberikan pertolongan yang lebih efektif dan profesional. Itu harapan kami," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mau Mengikuti Rangkaian Acara Waisak di Candi Borobudur? Simak Aturannya!

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement