Advertisement

Sabar! Ruas Jalan Kabupaten di Giripurwo yang Longsor Baru Diperbaiki Tahun Depan

Andreas Yuda Pramono
Senin, 25 September 2023 - 19:17 WIB
Arief Junianto
Sabar! Ruas Jalan Kabupaten di Giripurwo yang Longsor Baru Diperbaiki Tahun Depan Ruas Jalan Kabupaten Giripuwo-Gendu yang longsor akibat hujan lebat tahun lalu akan diperbaiki mulai 2024. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Ruas Jalan Kabupaten Giripuwo-Gendu di Pedukuhan Tompak, Kalurahan Giripurwo, Girimulyo yang longsor akibat hujan lebat tahun lalu akan diperbaiki mulai tahun depan. Perbaikan jalan rusak itu tidak dapat dilakukan tahun ini karena keterbatasan anggaran.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kulonprogo, Agustinus Nurcahyo Budi Wibowo mengatakan bahwa hujan yang terjadi yang terjadi menyebabkan salah satu bahu jalan runtuh pada akhir 2022.

Advertisement

"Panjang longsoran mencapai lebih dari 20 meter. Sampai saat ini pengamanan sementara dilakukan dengan memasang terpal dan water barrier. Itu sisi kanan dan kiri jalan jurang," kata Nurcahyo, Senin (25/9/2023).

BACA JUGA: Protes Jalan Rusak di Bantul, Warga Tanam Pisang di Jalan

Nurcahyo menambahkan penanganan ruas jalan tersebut baru dapat dilakukan pada 2024. Perbaikan akan dilakukan melalui tender karena anggaran yang diperlukan untuk perbaikan mencapai sekitar Rp500 juta. Setidaknya perbaikan akan dimulai April 2024. "Untuk menghadapi musim hujan, [DPUPKP Kulonprogo] melakukan pengecekan lokasi dilanjutkan dengan pemasangan terpal pengaman dan water barrier baru," katanya.

Tidak hanya itu, rambu peringatan juga dipasang di salah satu ujung ruas jalan dan dekat lokasi longsoran. Apabila ada kendaraan roda dua atau pejalan kaki yang lewat, Nurcahyo meminta untuk menurunkan kecepatan dan waspada.

"Sedangkan kendaraan dengan muatan berat dari atau menuju arah Pasar Jonggrangan diimbau untuk tidak melintas dan dapat melewati Jalan Provinsi Nanggulan-Tegalsari [perempatan Kenteng Nanggulan ke Barat]," ucapnya.

Dia juga mengatakan ada satu ruas jalan kabupaten di Kalurahan Purwosari yang mengalami longsor. Penanganan juga akan dilakukan pada 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Drone Garda Revolusi Deteksi Sumber Panas Diduga Puing Reruntuhan Helikopter Presiden Iran

News
| Senin, 20 Mei 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement