Advertisement

11 Abdi Dalem Kraton Yogyakarta Dilantik Jadi Komcad Matra Laut

Yosef Leon
Selasa, 26 September 2023 - 18:57 WIB
Arief Junianto
11 Abdi Dalem Kraton Yogyakarta Dilantik Jadi Komcad Matra Laut Penyerahan 11 abdi dalem Keraton Yogyakarta yang telah menyelesaikan pendidikan dan dilantik sebagai Komcad Matra Laut Angkatan Ke-2 tahun 2023. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 11 abdi dalem Kraton Yogyakarta yang telah menyelesaikan pendidikan dan dilantik sebagai Komponen Cadangan (Komcad) Matra Laut Angkatan Ke-2 tahun 2023 diserahkan kembali ke tempat mereka bertugas.

Penyerahan dilakukan oleh Danlanal Jogja, Kolonel Laut Devi Erlita kepada Manggalayuddha Kraton Yogyakarta di Kamandungan kompleks Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat. Program ini merupakan salah satu implementasi dari usaha bela negara dalam konsep pertahanan Sishanta. 

Advertisement

Devi menjelaskan Komcad Matra Laut merupakan komponen masyarakat yang telah diseleksi dan dilatih untuk disiapkan sebagai alat pertahanan yang digerakkan melalui mobilisasi dalam keadaan perang untuk meningkatkan kekuatan TNI Angkatan Laut. 

"Dengan selesainya kegiatan pendidikan dasar kemiliteran ini, saya harap anggota Komcad dapat melaksanakan tugas sesuai fungsinya masing-masing, menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan secara teori maupun praktek di lingkungan kerja, masyarakat dan negara dengan baik dan benar," ujarnya Selasa (26/9/2023).

BACA JUGA: Pura Pakualaman Dorong Seluruh Abdi Dalem Mengikuti Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, Ini Alasannya

Danlanal Yogyakarta menyampaikan pembentukan Komcad Matra Laut berperan penting bagi TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan Dawilhanla. Dalam keadaan damai, Komcad Matra Laut dapat dijadikan sebagai mata dan telinga bagi kepentingan TNI Angkatan Laut.

"Yang terpenting adalah dapat mengobarkan semangat bela negara dalam penerapan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta atau Sishankamrata kepada seluruh komponen lainnya," ujarnya. 

Danlanal menambahkan bahwa, para abdi dalem yang sudah menjalani latihan dan menjadi bagian dari Komcad Matra Laut harus bersiap jika sewaktu-waktu dibutuhkan negara dalam menghadapi ancaman demi menjaga kedaulatan NKRI khususnya di wilayah DIY. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Adik Perempuan Kim Jong-un Bantah Isu Ekspor Senjata ke Rusia

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement